Disdukcapil Sosialisasikan Pentingnya Pembuatan Dokumen Bagi Masyarakat

Dokumen yang diperlukan dari kelahiran hingga kematian seseorang bisa dibuat melalui online maupun offline.

Nganjuk, PING- Guna menyosialisasikan pengurusan dokumen penting, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk menghadiri talkshow di program Dinamika, RSAL FM (30/10/2023). Diwakili oleh Rina Puspita Sari dan Yoyok, menjelaskan tentang perlunya pembuatan akta kelahiran dan kematian.

Dua dokumen ini berperan sangat penting bagi identitas seseorang, akta kelahiran dibutuhkan untuk pembuatan dokumen penting di masa depan, seperti KTP, KK, mendaftar sekolah, dan menikah. Sementara akta kematian digunakan untuk mengubah status pasangan, ahli waris, pengurangan data anggota, serta mengklaim BPJS.

“Untuk pembuatan akta ini kita bisa melalui 2 metode, online dan offline,” ujar Rina.

Pembuatan secara offline bisa secara mandiri atau bisa melalui desa, kecamatan, dan rumah sakit, sedangkan online bisa dengan mengakses aplikasi Nganjuk Smart City dan website Sedudo.

Baca Juga : Dinas Dukcapil Beri Pelatihan Aktivasi IKD Bagi Seluruh Operator Desa/Kelurahan

Masyarakat tinggal menyiapkan berkas-berkas yang sudah tertera di aplikasinya, layanan ini diperkirakan selesai dalam waktu 4 hari. Apabila ada kendala di layanan online bisa langsung menghubungi customer service.

Apabila akta tersebut tidak segera diurus akan berdampak pada data yang ada, data tersebut akan terus muncul meskipun 5 tahun belum diurus. Pembuatan akta kematian sendiri tidak sulit asal ada salah satu dokumen yang dimiliki almarhum, masyarakat bisa mengurus sendiri melalui aplikasi, sehingga lebih mudah dan tidak dipungut biaya.

“Dukcapil akan mengurus semua dokumen seseorang dari mulai kelahiran hingga kematian, seperti akta kelahiran, akta perkawinan, akta perceraian, akta pengakuan anak/akta pengesahan, akta pengangkatan anak/adopsi, serta akta kematian,” ujar Yoyok.

Jika ditemui kendala dalam pengurusan dokumen, masyarakat bisa langsung datang ke Disdukcapil Nganjuk untuk kemudian dijelaskan secara rinci dan diberi solusi. (Cy/Kr)

0 Komentar