Dinas PUPR Nganjuk Bangun 80 Sanitasi di Desa Ketawang, Gondang

Sebagai Upaya Wujudkan Pola Hidup Sehat dan Desa Sadar Jamban

Nganjuk, PING- Dorong masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruangan (PUPR), merealisasikan pembangunan sanitasi atau WC umum di Desa Ketawang, Kecamatan Gondang.

Hal ini ditujukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat akan hal mewujudkan desa yang sadar jamban, sehingga terbebas dari buang air besar sembarangan.

Demikian, disampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo saat dilansir media bangsaonline.com, Selasa (24/10/2023).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk itu mengatakan, total ada 80 titik sanitasi yang dibangun di tiga dusun di Desa Ketawang pada tahun ini. "Saat ini semua sudah dalam proses pengerjaan dan akan selesai di tahun ini," ujarnya.

Gunawan Widagdo menjelaskan, bahwa setiap titik sanitasi yang dibangun berukuran panjang 1,5 meter, lebar 1,25 meter dan tinggi 2 meter, dengan menggunakan anggaran sebesar 8 juta rupiah.

"Selain menciptakan hidup sehat, pembangunan sanitasi ini juga sebagai bentuk upaya pemerintah dalam penanggulangan stunting," imbuh Gunawan Widagdo.

Sementara itu, Kepala Desa Ketawang, Iswantoro, turut mengapresiasi atas program yang dilakukan oleh Pemkab Nganjuk tersebut. Menurutnya, hal ini bisa mendukung penanggulangan stunting di masyarakat.

"Saya sangat berterima kasih atas segala bentuk bantuan yang telah diberikan Pemkab Nganjuk untuk masyarakat kami. Salah satunya, yakni pembangunan sanitasi ini," ungkap Iswantoro.

Diakui Iswantoro, meski selama ini masih banyak warganya yang belum memiliki jamban sehat. "Semoga dengan dibangunnya sanitasi ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Desa Ketawang," pungkasnya.(Hs/Al)

0 Komentar