Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk Gaungkan Pentingnya Sekolah Orang Tua Hebat Untuk Pasutri

Tujuan untuk mengatasi penurunan stunting pada anak dengan orang tua sebagai peran utamanya

Nganjuk, PING- Untuk membentuk karakter anak yang berkualitas, Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk tidak hentinya mengajak orang tua untuk berperan aktif dalam membina anak sedini mungkin salah satunya dengan mengikuti Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

SOTH merupakan suatu program nasional yang dibentuk oleh BKKBN yang bertujuan untuk mengatasi penurunan stunting pada anak dengan orang tua sebagai peran utamanya. Hal tersebut disampaikan Umi Fadilah selaku Penyuluh KB wilayah Sukmoro saat menjadi narasumber di RSAL FM, Rabu (22/11/2023).

Dalam laporannya, Umi menyampaikan program SOTH ini sudah berjalan sejak tahun 2022 dan diharapkan di tahun 2023 semua Desa se Kabupaten Nganjuk bisa melaksanakan Kelas SOTH. Kelas ini tidak jauh berbeda dengan kelas pada umumnya karena juga ada guru sebagai pengajar dan wisuda saat lulus sekolah.  

“Kelas SOTH dilaksanakan selama tiga bulan lebih dengan 13 kali pertemuan atau dilaksanakan satu minggu sekali dengan materi yang berbeda-beda, sedangkan pesertanya dari orang tua yang mempunyai balita usia 0-5 tahun,” tuturnya.

Dijelaskan Umi, di 13 kali pertemuan ini ada beberapa materi yang sangat bermanfaat baik untuk orang tua maupun anak. Salah satunya adalah pentingnya parenting pada anak, kesehatan reproduksi pada anak, cara penyajian makan yang benar untuk balita.

Menurutnya, SOTH ini sangatlah bermanfaat untuk orang tua yang mempunyai balita. Disamping kelas yang sangat bagus dan berguna untuk mendidik anak, kelas ini juga mengajarkan orang tua bagaimana cara membentuk karakter pada anak di usia dini.

Sementara itu, Erni Ermawati berharap kita sebagai orang tua lebih bisa memahami cara pengasuhan pada balita yang baik dan benar serta cara mendidik anak di masa depan. “Kedepannya balita sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat menjadi generasi yang berkualitas,” harap Erni.

Sebagai informasi pendaftaran kelas SOTH ini gratis tanpa biaya apapun. Pendaftaran bisa melalui Kader Desa setempat dengan membawa buku KIA sebagai pedoman kondisi anak.

0 Komentar