Dinas Perkim Nganjuk Serahkan 34 Bantuan Rumah Program RTLH

Terdiri dari empat desa di tiga kecamatan

Nganjuk, PING- Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) terus mendorong peningkatan rumah masyarakat yang tidak layak huni menjadi rumah layak huni, melalui berbagai sumber penganggaran.

Kegiatan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk dalam rangka meningkatkan kualitas hunian demi kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Dinas Perkim Berupaya Meningkatkan Rumah Layak Huni Untuk Masyarakat Kota Angin

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perkim Kabupaten Nganjuk, Agus Frihannedy saat menyerahkan secara simbolis bantuan Rehabilitasi RTLH Tahun 2023 di Balai Desa Nglinggo, Kecamatan Gondang pada Rabu (29/3/2023).
(Penerima Bantuan menandatangani bukti serah terima Buku Tabungan RTLH dari Bank Jatim)

Dalam sambutannya, Agus Frihannedy menyampaikan penyerahan tabungan bantuan rumah tidak layak huni ini bekerjasama dengan Desa, Kecamatan dan Bank Jatim.

"Bantuan yang kita serahkan sebesar Rp17,5 juta yang kemudian langsung masuk ke rekening Bank Jatim penerima bantuan," tutur Agus sembari menyebut bahwa bantuan tersebut bersumber dari dana APBD Tahun 2023.

Baca Juga : Warga Terdampak Longsor Selopuro Ngetos Resmi Tempati Rumah Baru

Agus mengatakan bahwa penerima bantuan ini terdiri dari empat Desa di tiga Kecamatan. Diantaranya adalah Desa Nglinggo dari Kecamatan Gondang. Kemudian Desa Ngrami dan Desa Kedungsuko dari Kecamatan Sukomoro. Dan terakhir, Desa Jatirejo dari Kecamatan Rejoso. 

(Sambutan Kepala Dinas Perkim Kabupaten Nganjuk Agus Frihannedy)

"Total penerima bantuan yang diserahkan hari ini sebanyak 34 penerima. Sedangkan total keseluruhan di Kabupaten Nganjuk sebanyak 249 yang terbagi merata ke beberapa desa di sembilan Kecamatan," ungkap Agus. 

Lebih lanjut, Agus menjelaskan untuk kriteria dari RTLH ini perlu peran serta dari Kepala Desa setempat untuk mengusulkan ke Dinas Perkim Kabupaten Nganjuk. Bantuan yang diberikan diutamakan untuk bantuan yang rumahnya sudah rusak berat, sedangkan yang rumahnya rusak ringan tidak diberi bantuan karena kriteria yang rusak berat masih banyak. 

Baca Juga : Sekda Nur Solekan Pastikan 48 Unit Rumah Siap dihuni Warga Terdampak Longsor Selopuro

"Saya berharap semoga dengan RTLH ini dalam lima tahun kedepan, semua masyarakat Nganjuk memiliki rumah layak huni," tutupnya. 

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara Camat Gondang, Camat Rejoso, Camat Sukomoro, Kepala Desa Nglinggo, Kepala Desa Kedungsuko, dan tamu undangan terkait. 

(NR/CS)

0 Komentar