Dinas Kesehatan Nganjuk Perkenalkan Layanan Kegawatdaruratan PSC 119

Berikan layanan respon cepat dalam pelayanan kegawatdaruratan medis

Nganjuk, PING-  Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk melalui program talkshow di radio RSAL FM mengajak masyarakat Nganjuk untuk mengenal layanan publik emergency “PSC 119”, pada Jumat (10/11/2023).

Hadir sebagai narasumber Agung Sudibyo dan Alfian Jahrul Abror selaku Perawat di layanan PSC 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk.

Agung menjelaskan layanan PSC 119 merupakan pusat layanan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan medis di Kabupaten Nganjuk serta merupakan ujung tombak pemberian pelayanan untuk mendapatkan respon cepat dan tepat. Layanan PSC 119 Kabupaten Nganjuk telah berdiri sejak tahun 2019, terdiri tenaga medis berjumlah 12 Perawat dan 2 Bidan.

PSC 119 menangani kasus kegawatdaruratan seperti, kondisi tidak sadar, serangan jantung, kecelakaan lalu lintas, korban kebakaran, korban bencana alam.

“Jika menemukan kondisi kegawatdaruratan tersebut masyarakat bisa menghubungi PSC 119 dengan menyampaikan kondisi pasien dan lokasi kejadian untuk mendapatkan respon cepat dan tepat selama 24 jam,” ucap Agung.

Layanan yang diberikan dengan cara menghubungi Call Center 119 yang nantinya akan langsung terhubung dengan operator, lalu operator akan secepatnya mengirimkan bantuan ke lokasi terjadinya situasi gawat darurat sesuai dengan alamat yang diberikan oleh penelpon. Setelah tim PSC 119 sampai di lokasi maka tim mereka akan memeriksa kondisi korban dan mengkonsultasikan dengan dokter. Jika dokter menyarankan untuk merujuk ke fasilitas kesehatan, maka tim PSC 119 akan merujuk korban tersebut ke fasilitas kesehatan terdekat sesuai advis dokter.

Baca Juga : Cegah HIV/Aids Sejak Dini, Puskesmas Nganjuk Laksanakan Mobile VCT Warga Binaan Lapas

“Apabila kondisi pasien terbilang ringan bisa kita rujuk ke Puskesmas terdekat dan apabila kondisi pasien berat kita rujuk ke Rumah Sakit. Jadi kita memberikan rujukan itu tergantung dari kondisi pasien,” tambahnya.

Di Kesempatan yang sama Alfian mengatakan, selain kegawatdaruratan diatas adapun beberapa emergency lainnya seperti pertolongan untuk ibu hamil yang ingin melahirkan tetap bisa menghubungi PSC dan akan kita kaji sesuai prosedurnya.

Selain memberikan layanan terkait kegawatdaruratan seperti kecelakaan lalu lintas, bencana alam dan sebagainya. Dalam hal ini, PSC juga berkolaborasi serta bersinergi lintas sektoral dengan badan lain terkait, seperti kepolisian, pemadam kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan lain-lain.

Baca Juga : Cegah Stunting, Dinkes Nganjuk Gencar Sosialisasikan Pentingnya Nutrisi Pada Makanan

Masyarakat Kabupaten Nganjuk dapat menghubungi PSC 119 Dinkes Kabupaten Nganjuk selama 24 jam dan gratis. Untuk layanan kegawatdaruratan, bisa menghubungi nomor telpon 0358-3510123 atau melalui pesan WhatsApp di nomor 081131168119. (CY/KUR)

0 Komentar