Dinas Dukcapil Beri Pelatihan Aktivasi IKD Bagi Seluruh Operator Desa/Kelurahan

Mempermudah masyarakat mengakses dokumen administrasi kependudukan dalam satu genggaman

Nganjuk, PING- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nganjuk menggelar Pelatihan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi Operator Desa/Kelurahan se Kabupaten Nganjuk di Ruang Rapat Candi Lor, Senin (30/10/2023).

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil serta dihadiri oleh Sekretaris Dinas Dukcapil, Tim IKD dan seluruh operator desa/kelurahan se Kabupaten Nganjuk.

Kadis Dukcapil, Gatut Sugiarto, dalam sambutannya menyampaikan, aplikasi IKD ini sesuai Permendagri No. 72 Tahun 2022 Pasal 13 ayat (2) yakni IKD adalah KTP-Elektronik berbentuk digital yang berisi informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui smartphone yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Baca juga : Disdukcapil Sosialisasikan Pentingnya Pembuatan Dokumen Bagi Masyarakat

Pentingnya pelatihan aktivasi IKD tersebut adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses administrasi kependudukan melalui aplikasi online/satu genggaman, penerapan teknologi informasi dan komunikasi mengenai digitalisasi kependudukan, mengamankan kepemilikan IKD melalui sistem autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data.

Selain itu, pihak Dukcapil selalu memperhatikan kaum disabilitas dan para lansia dengan memberikan layanan jemput bola untuk mempermudah masyarakat. "Jika ingin mengurus administrasi kependudukan dapat langsung menghubungi Dukcapil. Kami juga melayani kaum disabilitas, silahkan menghubungi untuk kami lakukan jemput bola/datang langsung ke rumah. Karena, kami ingin selalu berbenah, tanpa dukungan bapak/ibu ini tidak akan berjalan baik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Gatut mendorong pemerintah desa/kelurahan melalui operator untuk terus aktif membantu kelancaran administrasi kependudukan warganya masing-masing. "Misalnya jika ada kelahiran maupun kematian, bapak/ibu perangkat sigap untuk membantu dalam proses pembuatan akta kelahiran maupun akta kematian. Karena data kependudukan kita harus selalu diperbarui agar tidak ada tumpang tindih data," tambahnya.

Gatut berkomitmen, untuk mengedepankan pelayanan prima bagi masyarakat, dengan tetap menerapkan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). "Kita ini pelayan masyarakat, kami Dukcapil berkomitmen untuk selalu mengedepankan layanan memuaskan untuk masyarakat. Jadi, jangan sampai ketika melayani masyarakat raut wajahnya tidak mencerminkan 5S itu tadi, tetap jaga profesionalitas," tandasnya.

Baca Juga : Dispenduk Capil Terus Kenalkan Layanan ‘Sehat Pasiennya, Lengkap Adminduknya’ pada Masyarakat

Dia lantas meminta kepada seluruh peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan aktivasi IKD tersebut. Sebab, outputnya akan diteruskan kepada masyarakat desa/kelurahan untuk dilakukan aktivasi IKD kepada seluruh masyarakat desa/kelurahan masing-masing. "Mohon pelatihan ini senantiasa diikuti sampai selesai, kalau ada masalah bisa dikonsultasikan kepada kami, Dukcapil siap melayani," tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan praktik bersama dengan dipandu oleh tim IKD Dinas Dukcapil Nganjuk. Pelatihan tersebut mencakup bagaimana tata cara aktivasi IKD bagi operator desa/kelurahan untuk selanjutnya dibentuk Whatsapp Group (WAG) IKD di masing-masing kecamatan dalam mempermudah sosialisasi ke desa/kelurahan masing-masing. (Yos/Cs)

0 Komentar