Ciptakan Wirausaha Kuliner Kekinian, Disnaker Berikan Pelatihan Memasak Warga Prambon

Dengan Memanfaatkan DBHCHT tahun 2023

Nganjuk, PING- Manfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk gencar adakan pelatihan memasak. Pelatihan tersebut untuk para pencari kerja berdasar klaster kompetensi.

Kali ini, yang mendapat pelatihan adalah 20 warga di wilayah Kecamatan Prambon, Rabu (08/11/2023). Tujuannya untuk mencetak wirausaha kuliner baru yang kekinian.

Menurut Sekretaris Disnaker Kabupaten Nganjuk, Nur Wisnu Banrawan mengatakan bahwa pelatihan tersebut sebagai upaya pemerintah menumbuhkan kreativitas masyarakat untuk membuka peluang usaha baru. 

Baca Juga : Sampaikan Pentingnya Knowledge Attitude of Skill, Samsul Huda Buka Diklat Kebandarudaraan

“Kami beri pelatihan untuk warga Prambon agar handal membuat kuliner kekinian. Jika kuliner tersebut laku dijual, akan menambah pendapatan keluarga,” ujarnya, mewakili Plt. Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda.

Nur Banra menjelaskan, Disnaker memilih menggelar pelatihan di wilayah kecamatan prambon ini. Karena kecamatan di ujung selatan Kota Angin itu dinilai menjadi salah satu kawasan penghasil cukai atau industri rokok.

Baca Juga : Kurangi Angka Pengangguran Terbuka, Disnaker Nganjuk Gelar Pelatihan Barbershop

Adapun pemanfaatan DBHCHT salah satunya adalah bagi daerah penghasil cukai dari industri rokok. Sehingga, warga yang wilayahnya penghasil cukai tersebut, bisa merasakan manfaatnya. “Masyarakat Prambon bisa menikmati DBHCHT karena di Prambon adalah kawasan industri rokok,” ungkapnya.

Pelatihan memasak sendiri berlangsung selama delapan hari. Selama pelatihan, peserta akan mendapat materi memasak aneka olahan kuliner kekinian yang diberikan narasumber UMKM binaan Disnaker Kabupaten Nganjuk. Selain itu, peserta juga mendapat berbagai fasilitas. Seperti uang saku, tas ransel, dan seragam pelatihan.

Adapun, pelatihan tersebut dihadiri oleh perwakilan Asisten Ekbang Pemkab Nganjuk, Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk serta Kepala Bidang Penempatan Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kabupaten Nganjuk beserta jajarannya. (Hs/Yos) 

0 Komentar