Cetak Wirausahawan Handal, Disnaker Berikan Pelatihan Memasak Warga Jatikalen

Untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Kerakyatan

Nganjuk, PING- Ciptakan wirausahawan mandiri bagi masyarakat di Kota Angin, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk kembali menggelar pelatihan memasak bagi puluhan warga di Kecamatan Jatikalen, Senin (30/10/2023). 

Pelatihan yang memanfaatkan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2023 itu berlangsung selama delapan hari di Balai Desa Perning, dibuka secara langsung oleh Sekretaris Disnaker Kabupaten Nganjuk, Nur Wisnu Banrawan bersama Kepala Desa setempat. Ditandai dengan penyerahan alat kelengkapan kepada peserta secara simbolis.

Dalam sambutannya, Nur Wisnu Banrawan mengatakan, bahwa pelatihan memasak yang diikuti (20) dua puluh peserta ini, bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru yang intens, berdaya saing dan mandiri.

Baca Juga : Ratusan Calon Tenaga Kerja Kota Angin Serbu Disnaker Kabupaten Nganjuk

Menurutnya, usaha kuliner dinilai strategis. Apalagi di area Kecamatan Jatikalen yang menjadi Kawasan Ekonomi Nganjuk (KING). Untuk itu, pihaknya memberikan pelatihan ini agar masyarakat bisa mengembangkan ekonomi. “Sehingga bisa mewujudkan kemandirian ekonomi bagi masyarakat Nganjuk, khususnya masyarakat di Kecamatan Jatikalen ini,“ ujar Sekdin yang akrab disapa Banra tersebut.

Baca Juga : Siapkan Tenaga Kerja Terampil, Disnaker Kembali Adakan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Dijelaskan Banra, selama pelatihan pihaknya juga turut menghadirkan narasumber yang profesional, yakni pelaku UMKM binaan Disnaker sendiri. Ada berbagai materi yang disampaikan, seperti tata cara memasak, kemudian pemilihan bahan serta mempelajari mengenai cara penjualannya.

"Jadi pelatihan ini bukan cuma kita ajarkan saja, tapi kita buat sampai tahap penjualan. Semua kita bantu semaksimal mungkin. Pelatihan ini juga diikuti antusias peserta. Mereka nampak bersemangat mengikuti satu persatu materi dengan seksama," terangnya.

Lebih lanjut Banra berharap dengan adanya pelatihan tersebut, dapat mendorong warga yang mengikuti kegiatan itu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta keluarganya. 

Baca Juga : BLK Nganjuk Gelar Uji Kompetensi Kejuruan

”Sehingga output-nya nanti, mereka benar-benar menjadi wirausahawan handal yang sukses dan berdaya saing. Sehingga perekonomian masyarakat Kabupaten Nganjuk khususnya warga Perning menjadi meningkat dan berdaya saing di era industri milenial menjemput kemandirian dan merangsang pertumbuan ekonomi baru,” pungkasnya.(Hs/Al)

0 Komentar