Cegah Banjir, Dinas PUPR Nganjuk Rehab Drainase dan Gorong-gorong di Jalan Kartini

Perbaikan hingga 23 meter, dengan dimensi gorong gorong 100 cm x 100 cm guna memperlancar arus air ketika musim penghujan

Nganjuk, PING - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk merehab drainase dan gorong gorong di Jalan Kartini, Senin (26/06/2023). Perbaikan ini merupakan salah satu upaya pencegahan banjir di Kota Angin.

Saat ditemui PING, Kadis PUPR Kabupaten Nganjuk melalui Tim Teknis Bidang Cipta Karya Supriyanto mengatakan, perbaikan tersebut dilakukan sepanjang 23 meter di drainase Jalan Kartini.

Baca Juga : PUPR Ajak Para Pekerja Proyek Untuk Utamakan K3

“Kita bersama tim dari Bidang Cipta Karya Sub Drainase melakukan perbaikan drainase dan gorong-gorong yang bertujuan untuk mencegah banjir di Kecamatan Nganjuk," ucapnya.

Supriyanto menjelaskan pengerukan ini dilakukan untuk melebarkan drainase. Karena perlu diketahui, drainase di Jalan Kartini ini merupakan tempat bertemunya beberapa aliran arus air dari drainase yang ada di Kecamatan Nganjuk.

"Ini menjadi pusatnya, makanya banjir sering terjadi di Kecamatan Kota tersebut. Untuk itu, kita laksanakan giat ini sebagai antisipasi menghadapi musim hujan nanti," ujarnya.

Selain itu, Supriyanto juga menyampaikan hasil dari pengerukan, setidaknya ada sebanyak dua truk sedimen bercampur sampah plastik. Hal ini menunjukkan masih banyaknya sampah yang terbuang sembarangan.

Baca Juga : Kurangi Resiko Banjir di Kota Angin, Dinas PUPR Terjunkan Tim URC Drainase

"Dua truk sedimen dan sampahnya. Makanya kami tidak bosan-bosannya mengimbau agar warga membuang sampah sesuai tempat yang telah ditentukan," jelasnya.

Untuk itu, kedepan Supriyanto berharap agar warga dapat ikut serta menjaga kebersihan lingkungan, terutama saluran drainase supaya aliran air berjalan lancar dan mencegah genangan air atau banjir.

Baca Juga : Demi Jaga Kualitas Pembangunan, Dinas PUPR Bina Para Penyedia Jasa Konstruksi

(Hs/Yos)

 

0 Komentar