Bupati Soppeng Studi Tiru Pengembangan Bawang Merah Di Kabupaten Nganjuk

Sekda Yasin : Kabupaten Nganjuk merupakan produsen terbesar bawang merah di Indonesia

NGANJUK, PING-Kemajuan pertanian bawang merah Kabupaten Nganjuk menarik perhatian Bupati Soppeng untuk studi tiru. Orang nomor satu di kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan itu terkesan dengan kemampuan petani bawang merah Nganjuk.

Kunjungan studi tiru Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak, S.E. di Desa Pandean, Kecamatan Gondang, Sabtu (16/04/2022). Rombongan diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Drs. Mokhamad Yasin, M.Si mewakili Bupati Nganjuk.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Yasin mengucapkan selamat datang di Kabupaten Nganjuk kepada rombongan Bupati Sopeng

"Semoga kunjungan ke Nganjuk ini, membawa ilmu yang barokah, " tutur M. Yasin.

Dijelaskan M. Yasin, Kabupaten Nganjuk menjadi produsen bawang merah terbesar di Indonesia. Selain itu juga mempunyai satu keistimewaan, yakni memiliki benih bawang merah yang unggul dan berkualitas yang dinamai “Tajuk”.

“Tentu kami merasa senang dan bangga karena kita punya potensi unggulan bisa menjadi contoh bagi daerah lain, apalagi kita ketahui Nganjuk menjadi daerah produsen bawang merah terbesar di Indonesia,” tambah mantan Kepala Dinas Pendidikan itu.


Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak berdiskusi dengan petani dan melihat secara langsung petani menanam bawang merah

Sementara itu, Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menyampaikan apresiasi setingi-tingginya atas sambutan Pemkab Nganjuk. "Ini sangat luar biasa, kami ucapkan terima kasih banyak atas sambutannya," terangnya.

Dikatakan Bupati Kaswadi, kunjungan dilakukan untuk melihat potensi tanaman bawang merah untuk bisa dikembangkan di Kabupaten Soppeng.

“Kami datang kesini untuk melihat secara langsung cara pengembangan para petani bawang merah Kabupaten Nganjuk. Terlebih menurut data yang kami terima, Kabupaten Nganjuk merupakan produsen bawang merah terbesar di Indonesia. Semoga, kehadiran kami disini bisa membawa ilmu yang bermafaat untuk diterapkan para petani di Soppeng," tutur Bupati Kaswadi.

Bupati Kaswadi sangat mengapresiasi pola pengembangan yang dilakukan oleh para petani bawang merah Nganjuk khususnya terkait cara penanaman, antisipasi hama, hingga cara mengatur sirkulasi air dan udara yang dibutuhkan oleh tanaman bawang merah.

“Tadi kami sempat berbincang-bincang dengan petani dan hasilnya sungguh luar biasa. Sehingga apa yang dilakukan oleh petani disini bisa kami adopsi,” tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertanian Nganjuk Judi Ernanto, S.Pi, M.M, Penyuluh Kabupaten Sopeng, Camat Gondang dan para petani bawang merah Desa Pandean Kacamatan Gondang. (Hs/Ys)

Baca Juga :

0 Komentar