Bupati Nganjuk Tingkatkan Kapasitas Lembaga Desa di Desa Karangsemi, Kecamatan Gondang

Sinergi antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah

Nganjuk, PING- Pemerintah Kecamatan Gondang menggelar Pembinaan Pemerintah Desa dalam rangka 'Sinergitas Pemerintah Desa dengan Lembaga Masyarakat'. Acara menjadi semakin menarik, pasalnya dilaksanakan di kawasan Punden Ki Ageng Keniten, Desa Karangsemi, Kecamatan Gondang, Rabu (13/9/2023).

Hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, jajaran Forkopimcam Gondang, lembaga masyarakat desa, PKK, kader desa, serta masyarakat setempat.

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menyampaikan peran lembaga desa sangat penting dalam jalannya pemerintahan desa. Oleh karena itu, kapasitas lembaga desa harus semakin meningkat.

"Kita pengen memberikan semacam penguatan bahwa membangun itu ada yang fisik dan non fisik. Membangun fisik sudah kita lakukan seperti perbaikan infrastruktur jalan lalu pemberian mobil siaga desa, bantuan keuangan dan lainnya. Namun, yang tak kalah penting yaitu membangun non fisik yakni SDM nya," terangnya.

Kang Marhaen juga menuturkan, perkembangan Nganjuk sudah semakin pesat. Menurutnya, hal ini merupakan berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat, membangun mulai dari desa hingga kota.

"Alhamdulillah Nganjuk sekarang sudah ramai, banyak masyarakat yang mobilitas ke Nganjuk. Tentu ini hasil gotong-royong kita bersama. Maka, ini penting sebagai reformasi birokrasi, seperti kemarin kita launching KEN Digital dan Nganjuk Smart City. Apapun bisa kita dapatkan dengan mudah lewat aplikasi sekarang. Ayo bangun Nganjuk sama-sama, lebih maju dan lebih produktif lagi," ajak Kang Marhaen kepada seluruh masyarakat Kecamatan Gondang.

Sementara itu, Camat Gondang, Bayu Istas Sasongko, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Nganjuk serta partisipasi masyarakat Desa Karangsemi dalam mengikuti acara pembinaan kelembagaan tersebut.

"Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Gondang serta masyarakat mengucapkan sugeng rawuh Bapak Bupati di Desa Karangsemi, Kecamatan Gondang. Maturnuwun atas kehadiran dan pemberian motivasi kepada masyarakat kami terkait kelembagaan desa ini", ucapnya.

Lebih lanjut, Bayu menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut adalah dalam rangka meningkatkan kualitas baik lembaga maupun masyarakatnya. Menurutnya, masyarakat yang berkualitas akan membawa dampak yang signifikan bagi kemajuan desa. 

"Kami secara pribadi bisa melayani panjenengan semua sudah Alhamdulillah. Jadi, mohon dukungan masyarakat semua dalam setiap program kegiatan di Kecamatan Gondang. Termasuk kegiatan pembinaan ini, yakni dalam rangka mewujudkan sinergi masyarakat yang ada di desa dengan Pemkab Nganjuk. Memajukan masyarakat desa lebih baik lagi," tutupnya.

Sebagai informasi, sebelum memberikan arahan Kang Marhaen berkesempatan melakukan ziarah di punden makam Ki Ageng Keniten didampingi Camat Gondang dan Kepala Desa Karangsemi. (YOS/CS/CY)

0 Komentar