Bupati Marhaen Bina Lembaga Desa Dibarengi Launching 17 Unit Mobil Siaga Desa di Sugihwaras-Bagor

Sinergi, koordinasi, dan komunikasi menjadi kunci kemajuan desa

Nganjuk, PING - Guna meningkatkan kapasitas lembaga desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta sebagai sarana komunikasi antara desa dengan pemerintah daerah, Bupati Nganjuk memberikan arahannya dalam forum 'Pembinaan Kelembagaan Pemerintah Desa' di Desa Sugihwaras, Kecamatan Bagor. Selasa (18/7/2023).

Acara itu juga dibarengi dengan penyerahan mobil siaga desa yang ditandai dengan penyiraman serta pemecahan kendi oleh Bupati Nganjuk sebagai simbol keselamatan. Selanjutnya, dilakukan prosesi pemotongan tumpeng dan penyerahan plat mobil secara simbolis.

Dalam arahannya, Bupati Nganjuk mengucap syukur atas perkembangan Nganjuk selama kurun waktu dua tahun terakhir. "Alhamdulillah Nganjuk perkembangannya luar biasa dua tahun ini. Kita genjot perbaikan jalan -jalan. Saya ingin memberikan inspirasi, saya kepingin di Nganjuk ini ada lompatan-lompatan yang nyata", ujarnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini penting dilaksanakan karena untuk mengkomunikasikan, mengevaluasi program-program pembangunan desa baik fisik maupun non fisik, apakah telah dilaksanakan atau belum.

"Acara ini untuk menyampaikan program-program pembangunan desa, apakah sudah dilaksanakan atau belum. Selain pembangunan fisik juga harus membangun non fisik. Termasuk mobil-mobil ini adalah dalam rangka membangun Nganjuk non fisik. Alhamdulillah semua desa di Bagor sudah punya mobil siaga masing-masing. Nyuwun tulung dirawat betul dan dimanfaatkan sebaik-baiknya", tuturnya.

Selain itu ungkap Kang Marhaen, lembaga desa yang didalamnya melibatkan banyak pihak, baik perangkat desa, RT/RW, Lembaga Kemasyarakatan Desa, PKK maupun kader-kader desa lainnya harus saling membangun sinergi dalam mewujudkan desa Sugihwaras yang lebih baik. "Kuncinya adalah saling sinergi, koordinasi, komunikasi. Semua harus kompak membangun desanya masing-masing", tandasnya.

Lebih lanjut, Kang Marhaen sebagai pemimpin Nganjuk yang begitu konsen dengan dunia pendidikan berpesan kepada masyarakat untuk terus memperhatikan pendidikan putra-putrinya. Sebab hal itu merupakan pondasi kuat dalam mencapai masa depan yang cerah. 

"Kemudian saya pesan, mental juara mental sukses harus jenengan tanamkan untuk putra wayah jenengan sedoyo. Saya titip kepada panjenengan semua sekolahkan putra-putrinya setinggi-tingginya jangan mikir soal biaya yang penting semangatnya. Semoga penerus bangsa kita adalah asalnya dari Nganjuk syukur-syukur dari Desa Sugihwaras- Bagor ini", ucap Kang Marhaen sembari menengadahkan tangan.

Sementara itu, Camat Bagor Suwarno mengucapkan terima kasih atas kehadiran segenap masyarakat Desa Sugihwaras. Dirinya mengatakan bahwa di Kecamatan Bagor sudah ke empat kalinya dilaksanakan kegiatan yang sama yakni pembinaan kelembagaan desa. "Alhamdulillah ini pembinaan kelembagaan ke 4 di Kecamatan Bagor. Luar biasa semangatnya dengan tulus ikhlas peduli terhadap desanya. Terima kasih juga atas dukungannya seluruh pihak terkait bagaimana mewujudkan kemajuan desanya masing-masing", tutur Camat Suwarno.

Dirinya menyebut pembinaan tersebut merupakan suatu prioritas dan sangat bermanfaat diikuti untuk kemajuan desa. "Bapak/Ibu perangkat desa RT/RW kader-kader pembangunan terima kasih jenengan sangat tulus mengabdi sesuai tugasnya masing-masing. Maka acara ini sangat bermanfaat bagi jenengan dan desa", terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Bagor lantas berpesan terkait adanya mobil siaga desa supaya dimanfaatkan sesuai fungsinya yakni melayani masyarakat dalam hal sosial. "Dan alhamdulillah ini juga telah diserahkan mobil siaga langsung oleh pak Bupati. Di wilayah Bagor dari 19 desa sudah ada mobil siaga sebanyak 17 unit semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat dan bisa dipakai untuk melayani masyarakat. Pesan saya mobil ini digunakan sesuai fungsinya, non tamasya nggeh", pesan Camat Bagor kepada seluruh Kades se Kecamatan Bagor.

Turut menghadiri acara, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ketua DPRD Nganjuk, Camat Bagor beserta jajaran, Kades se Kecamatan Bagor, perangkat desa/kader-kader dan masyarakat Desa Sugihwaras-Bagor. (YOS/KR)

0 Komentar