Bupati Marhaen Antusias Ikuti Pawai Budaya Kabupaten Nganjuk

Sebanyak 34 Kontingen pawai karnaval tingkat umum

Nganjuk, PING- Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Pemerintah Kabupaten Nganjuk menggelar karnaval pembangunan tingkat umum. Pawai kemerdekaan diikuti oleh Bupati Nganjuk, puluhan peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Perusahaan, dan Instansi lain di Kabupaten Nganjuk.

Pawai karnaval diselenggarakan di depan Stadion Anjuk Ladang sampai dengan Alun-alun Kabupaten Nganjuk, Minggu (20/8/2023).

Sebanyak 34 kontingen pawai karnaval  diberangkatkan oleh Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahyono. Beragam budaya ditampilkan dari mulai pakaian adat, kesenian tari, serta mobil hias turut memeriahkan. 

”Pawai ini diikuti tidak hanya oleh pemerintah, tetapi beliau Kang Marhaen juga ikut langsung menyapa warga masyarakat Kabupaten Nganjuk, dan mudah – mudahan acara ini nanti bisa terlaksana dengan sukses, tidak ada halangan sesuatu apapun, dan Nganjuk tetap aman dan kondusif, diharapkan kita bisa melanjutkan dan mewarisi api perjuangan para Pahlawan yang telah merebut Kemerdekaan Republik Indonesia" ucap Tatit dalam sambutannya.

Baca Juga: Karnaval SMP/SMA Sedot Animo Masyarakat

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi yang ikut dalam pawai budaya tampak gagah mengenakan busana kerajaan di zaman Singosari menaiki kereta kuda.

"Kegiatan pada hari ini Karnaval Pembangunan tingkat umum. Luar biasa sekali, diikuti oleh 34 kontingen dengan mobil hiasnya yang sangat menarik. Alhamdulillah, antusias masyarakat menyaksikan dengan penuh gembira, penuh suka ria. Pawai dikemas dalam kearifan lokal, seperti busana yang saya kenakan ini, pakaian raja di zaman Kerajaan Singosari atau pakaian raja pada zamannya. Ini harus tetap kita lestarikan agar bisa dilihat generasi sekarang," tuturnya.

Baca Juga: Pawai Karnaval Budaya Tingkat SD/MI Nganjuk Berlangsung Meriah

"Seperti para tokoh pewayangan, banyak jenis dan karakter serta nama-namanya, inilah bentuk kearifan budaya lokal agar bisa dikenal," pungkasnya. (Kr/Cy/Cus)

0 Komentar