Buka Orientasi PPPK, Kang Marhaen Tanamkan 3 Aspek Abdi Negara

PPPK harus semangat megasah pengetahuan, keterampilan, dan karakter (attitude) baik

Nganjuk, PING- Penyelenggaraan orientasi bagi PPPK diperlukan dalam rangka pengenalan tugas dan fungsi ASN tentang nilai, etika, serta pembekalan bagi PPPK yang telah dilantik. Hal itu disampaikan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, ketika membuka dan memberikan arahannya pada Orientasi PPPK Pemkab Nganjuk di Pendopo K.R.T. Sosro Koesomo, Senin (4/9/2023).

"Orientasi ini penting untuk memberikan bekal bagi saudara agar mampu melaksanakan tugas sebagai seorang abdi negara secara profesional, disiplin, dan tanggung jawab," ungkapnya kepada 350 PPPK peserta orientasi.

PPPK harus dapat menjadi abdi negara yang handal serta memiliki 3 (tiga) aspek sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), tandas Kang Marhaen, aspek yang pertama yang harus dimiliki oleh ASN PPPK adalah knowledge (pengetahuan).

Baca Juga : Sebanyak 350 PPPK Kabupaten Nganjuk Ikuti Persiapan Pembukaan Orientasi Nilai dan Etika

“PPPK harus paham betul tupoksinya (tugas pokok dan fungsi) masing-masing di pemerintahan. Jalankan semuanya dengan penuh semangat dan tanggung jawab,” tandasnya.

Aspek yang kedua, keterampilan, yaitu PPPK harus berani punya ide, kretifitas, dan inovasi dalam memajukan instansi, lembaga, dan Pemkab Nganjuk. “Pengetahuan ditambah keterampilan akan menjadi ebility. PPPK akan cakap dan mampu menguasai bidangnya masing-masing,” bebernya.

Terakhir adalah attitude, sikap yang baik. PPPK harus mempunyai sikap dan mental yang tangguh. “Bekerja dengan sepenuh hati. Jangan mengejar mati-matian jabatan karena jabatan juga tidak dibawa mati,” pesan Bupati Marhaen.

Selanjutnya, Kang Marhaen meminta seluruh peserta untuk dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh masa orientasi sehingga mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam mengabdi sebagai abdi negara.

“Kepada saudara-saudara yang sudah dinyatakan lolos PPPK, saya ucapkan selamat dan sukses. Banyak yang ingin lolos, maka saya nitip sekali lagi. Sebelum masuk semangatnya njenengan luar biasa, tidak hanya semangat di awal saja, tapi njenengan juga harus selalu semangat dalam menjalankan tugas-tugasnya,” imbau Kang Marhaen.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Nganjuk, Adam Muharto, melaporkan ada 350 peserta orientasi PPPK yang mengikuti pembekalan tahap ke 2 hari ini (4/9).

Baca Juga : Kang Marhaen Serahkan SK Pengangkatan 820 Tenaga Guru PPPK Formasi Tahun 2022

“Tenaga pendidikan sebanyak 311 orang, dari penyuluh pertanian 22 orang, dan tenaga kesehatan sebanyak 17 orang. Total 350 peserta orientasi PPPK,” pungkasnya.

Melalui orientasi pembekalan, diharapkan PPPK akan mampu melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan secara profesional di lingkungan Pemkab Nganjuk. “Sehingga terwujudnya ASN berpengetahuan, disiplin, loyalitas dan penuh tanggung jawab sebagai abdi negara,” harapnya.

Tidak hanya menerima materi pembekalan secara kuliah, diskusi tanya jawab, para peserta nantinya juga akan digembleng dilapangan. “Juga diajarkan tentang PBB (Pelatihan Baris Berbaris) dan tata cara upacara. PPPK akan menjalani masa orientasi ini selama 14 hari,” terang Adam Muharto. (ZK/NR)

0 Komentar