BPBD Nganjuk Siapkan Penanganan Permanen Atasi Kekeringan

Segera Bangun Lima Sumur Bor di Wilayah Terdampak

Nganjuk, PING- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk, menyiapkan langkah untuk menanggulangi kekeringan secara permanen. Sebab, hingga kini penanganan kekeringan hanya bersifat sementara, yaitu menyuplai air bersih. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Nganjuk, Abdul Wakid, mengatakan telah menyiapkan langkah penanganan kekeringan secara permanen dengan menginisiasi membuat lima sumur bor di daerah yang mengalami kekeringan. Salah satunya, yakni di Desa Tempuran Kecamatan Ngluyu ini.

"Karena sampai saat ini, ada 9 dusun 6 desa dan 4 kecamatan yang dilanda bencana kekeringan kekurangan air bersih di wilayah Kabupaten Nganjuk," jelasnya.

Meski demikian, BPBD juga sigap atasi hal tersebut dengan rutin mendistribusikan bantuan air bersih kepada masyarakat terdampak. "Kali ini, bantuan dropping air bersih sebanyak 10.000 liter disalurkan di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu," ujar Kalaksa BPBD kepada PING, Kamis (27/10/2023).

Menurutnya, bencana kekeringan sudah melanda Kabupaten Nganjuk sejak tanggal 20 Juli 2023 lalu. Yakni pertama kalinya terjadi di Kecamatan Lengkong, tempatnya di Dusun Jomblang Desa Ngepung dan Desa Sendanggogor.

Baca Juga : Sigap Atasi Kekeringan di Kota Angin, Pj. Bupati Sri Handoko Salurkan Bantuan Air Bersih

Untuk itu, pihaknya mengajak berbagai elemen masyarakat nganjuk untuk berkontribusi membantu masyarakat terdampak. "Karena ini bukan tugas BPBD saja, tetapi ini tanggung jawab kita bersama untuk masyarakat Nganjuk. Terbukti, hari ini Kwarcab Pramuka Nganjuk ikut memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak. Saya sampaikan terima kasih," imbuhnya.

Lebih lanjut Abdul Wakid menambahkan untuk bantuan dropping air bersih ini, pihaknya setiap dua hari sekali menyalurkan bantuan sebanyak 4 truk di Desa Ngluyu dan Tempuran. "Semoga dengan adanya dropping air bersih ini bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat terdampak," pungkasnya.

Adapun bantuan lainnya yang diserahkan di Desa Ngluyu dan Tempuran ialah tandon air ukuran 1200 Liter, dengan rincian 10 tandon untuk Desa Ngluyu dan 2 tandon untuk Desa Tempuran.

Baca Juga : Kemarau Belum Berakhir, PMI Nganjuk Lakukan Dropping Air Bersih

Kemudian, ada 100 Jirigen air ukuran 45 Liter yang diberikan untuk Desa Ngluyu dan Tempuran. Terakhir, Air Mineral sejumlah 100 dus untuk Desa Ngluyu.(Hs/Kur)

0 Komentar