Bina Pokdakan, Dinas KPP Nganjuk Berikan Edukasi Cara Budidaya Ikan dengan Penerapan CBIB

Hasilkan Produksi Ikan yang Aman dan Sehat, Untuk Wujudkan Program Gemarikan

Nganjuk, PING-Wujudkan program gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) di Kota Angin, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) budidaya ikan lele dengan penerapan CBIB.

CBIB (cara budidaya ikan yang baik) adalah penerapan cara pemeliharaan atau pembesaran ikan serta memanen dalam lingkungan yang terkontrol. Sehingga memberikan jaminan pangan dari pembudidaya dengan memperhatikan sanitasi, pakan, obat obatan dan bahan kimia lainnya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Kabupaten Nganjuk melalui Kepala Bidang Perikanan, Novi Eka Fatmawati saat membuka Bimtek yang diikuti oleh Pokdakan Kecamatan Rejoso, Loceret dan Ngronggot, di Aula Dinas KPP,  pada Kamis (06/07/2023).

Baca Juga : Jaga Ekosistem Sumber Daya Ikan, Dinas KPP Nganjuk Restocking Benih Ikan Tawes di Perairan Kalimati

Dengan adanya sosialisasi ini, Novi Eka Fatmawati berharap kelompok budidaya dapat memahami dan mengaplikasikan CBIB dengan baik pada saat membudidayakan ikan lele.

"Penerapan CBIB menjadi sangat penting dalam proses budidaya, karena menjadi standar yang dapat dipercaya oleh konsumen bahwa produk hasil budidaya yang mereka konsumsi aman dan sehat," terangnya.

Baca Juga : Pemanfaatan Embung di Desa Oro-Oro Ombo, DKP Jatim dan DKPP Kabupaten Nganjuk Lakukan Restocking

Lebih lanjut Novi Eka Fatmawati berpesan bagi pembudidaya, penerapan CBIB tersebut dapat menjadi pembuktian kepada konsumen bahwa mereka sudah melakukan proses budidaya dengan terkontrol, aman, sehat dan ramah lingkungan.

"Dengan adanya Sertifikasi CBIB ini, diharapkan Produksi hasil Budidaya Ikan menghasilkan produk yang aman dan sehat. Oleh karena itu, yuk kita wujudkan gemarikan dengan budidaya ikan yang sehat," ajaknya.

Perlu diketahui, tidak hanya memberikan Bimtek CBIB. Dinas KPP juga memberikan edukasi Pokdakan tentang bagaimana mengurus izin Kartu Kusuka dan perijinan usaha secara online atau OSS. (Hs/Ys)

0 Komentar