Bina Lembaga Desa, Kang Marhaen: Jaga Harmonisasi, Sukseskan Pembangunan Desa

Harmonisasi kepala desa dan lembaga desa dalam memberikan pelayanan prima dan menyukseskan pembangunan desa

Nganjuk,PING- Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menekankan pentingnya harmoniasi hubungan yang baik Pemerintah Desa (Pemdes) bersama dengan lembaga desa. Tujuannya agar program dan kegiatan yang ada di desa dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Demikan disampaikan Kang Marhaen sapaan akrab Bupati Nganjuk, saat memberikan pembinaan kepada Kepala Desa, dan Lembaga Desa/Kelurahan se Kecamatan Bagor pada Rabu (12/7/2023) di Lapangan Desa Ngumpul, Kecamatan Bagor.

“Peningkatan SDM (sumber daya manusia) perangkat desa dan lembaga desa ini adalah sangat penting. Pembangunan tidak hanya fisik, tapi juga SDM nya kita bangun,” kata Kang Marhaen.

Baca Juga: Bina Lembaga Desa, Kadis PMD Sampaikan Pentingnya Peran RT dan Karang Taruna dalam Musdus

Selanjutnya, ungkap Kang Marhaen, Pembangunan SDM aparatur desa saat ini menjadi konsen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk. Tujuannya untuk mencetak aparatur-aparatur desa yang kompeten dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Jaga Harmonisasi, Sukseskan Pelayanan dan Program Pembangunan

“Karena Pemerintah saat ini dituntut untuk memberikan pelayanan prima yang baik kepada masyarakat. Ini hukumnya wajib. Ditambah, masyarakat kita saat ini juga cenderung kritis. Mereka sangat peduli terhadap pelayanan yang kita berikan. Maka, berikanlah pelayanan terbaik kita kepada masyarakat,” beber Bupati Marhaen.

Dalam mewujudkan pelayanan dan pembangunan yang baik, tentunya juga harus didukung oleh semua elemen. Untuk itu, Bupati Marhaen menekankan pentingnya menjaga hubungan yang baik antar lembaga di desa.

Sampaikan Aspirasi. Kedatangan Kang Marhaen disambut antusias oleh para aparatur desa dan lembaga desa se Kecamatan Bagor

“Jaga harmonisasi antar lembaga desa. Alhamdulillah dangan harmonisasi yang baik di Wilayah Kecamatan Bagor aman dan kondusif. Indeks pembangunanya juga bagus. Terbukti desanya maju dan mandiri, tidak ada desa yang tertinggal apalagi sangat tertinggal,” jelas Kang Marhaen sembari menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Desa se Kecamatan Bagor yang turut hadir.

Lebih lanjut, diakui Kang Marhaen hubungan harmonisasi yang baik juga dilaksanakan Pemkab Nganjuk bersama lembaga dan stakeholder yang ada di Nganjuk. Juga terbukti mampu membawa perubahan Nganjuk yang cukup signifikan. Di bidang pembangunan, berupa fasilitas umum seperti jalan maupun taman kota.

Baca Juga: Bareng-bareng Bangun Desa, Kang Marhaen Bina Ketua RT se-Kecamatan Ngronggot

Dilanjutkan, hubungan harmonisasi yang baik, juga mengantarkan banyaknya prestasi yang didapat Kabupaten Nganjuk dalam berbagai ajang kejuaraan. Di tingkat provinsi maupun nasional. “Ini membuktikan bahwa sinergi, harmonisasi dan jaringan hubungan yang baik itu sangat penting,” tegasnya.

Indeks Desa Mambangun Kecamatan Bagor, 14 Desa Maju 5 Desa Mandiri

Sementara itu, Camat Bagor, Suwarno menyampaikan indeks pembangunan di wilayah Kecamatan Bagor masuk kategori baik. Terbukti di Kecamatan bagor tidak ada desa yang indeks pembangunan yang tertinggal.

“Indeks Desa Membangun (IDM) dari 19 Desa, 14 Desa masuk kategori maju dan 5 Desa masuk kategori desa mandiri. Alhamdulillah berkat bimbingan beliau (Kang Marhaen) tidak ada desa yang tertinggal apalagi sangat tertinggal.” ungakap Suwarno.

Suwarno juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada jajaran pemerintah desa yang telah bekerjasama dengan baik dalam meyukseskan program-program kegiatan maupun pembangunan. Dari tingkat pusat, dan daerah.

Sebagai informasi, kegiatan pembinaan kelembagaan desa diikuti oleh Kepala Desa dan lembaga desa se Kecamatan Bagor. Hadir BPD, LPM, PKK Desa, Karang Taruna, Babinsa, Bhabinkamtibmas se Kecamatan Bagor.

Turut hadir juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Nganjuk, Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Forpimcam Kecamatan Bagor dan Muslimat Kecamatan Bagor serta tamu undangan lainnya. (ZK/RL)

0 Komentar