Bina Lembaga Desa, Kadis PMD Sampaikan Pentingnya Peran RT dan Karang Taruna dalam Musdus

Musyawarah Dusun (Musdus) penting dalam perencanan pembangunan prioritas desa sesuai wilayah

Nganjuk,PING- Dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan desa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk terus menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan masyarakat perdesaan dalam perencanaan dan pemerataan pembangunan.

Melalui pendekatan dari bawah (button-up) tersebut, nantinya masyarakat lebih berperan dalam memberikan gagasan dari awal untuk perencanaan pembangunan hingga pelaksanaan dan evaluasi, sehingga diharapkan nantinya pemerataan pembangunan dapat dirasakan oleh semua masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Puguh Harnoto, selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) pada pembinaan dan peningkatan kapasitas dan penguatan lembaga desa (LKD) untuk Ketua RT dan Karang Taruna se Kecamatan Ngronggot, di Lokasi Rest Area Desa Kelutan, Kecamatan Ngonggot, Selasa (4/7/20203) lalu.

Baca Juga: Bareng-bareng Bangun Desa, Kang Marhaen Bina Ketua RT se-Kecamatan Ngronggot

Kadis PMD, Puguh Harnoto, menyampaikan komitmen Pemkab Nganjuk dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat desa. Salah satunya, melalui mobil siaga desa, merupakan salah satu upaya Pemkab Nganjuk untuk memaksimalkan pelayanan di bidang kesehatan dan sosial bagi warga Nganjuk.

“Setidaknya ada 264 desa yang menerima bantuan keuangan (BK) untuk pengadaan mobil siaga desa. Salah satunya Desa Kelutan Kecamatan Ngronggot ini,” beber Puguh yang juga pernah menjabat sebagai Camat Baron tersebut.

Selanjutnya, Puguh menekankan peran penting RT dalam membantu pelayanan langsung terhadap masyarakat di desa. Membantu Kepala Desa (Kades) dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).

“Peran penting yang dimiliki para RT dalam pembangunan yakni dalam rangka membantu kepala desa dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan peningkatan pelayanan masyarakat. Misalnya, di dalam penyusunan RKPDesa yang hasilnya akan diselenggarakan di tahun berikutnya, 2024,” kata puguh.

Melalui Musyawarah Dusun (Musdus), Ketua RT dapat mengusulkan prioritas pembangunan desa sesuai dengan wilayahnya. Ketua RT sebagai sarana atau jembatan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada kepala desa sebagai aparat desa.

Baca Juga: Mbangun Desa Noto Kutho, Kang Marhaen Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan Desa

“Bantu kepala desa, dalam menganggarkan dan menyusun rencana kerja dan pembangunan desa di dalam usulan RKPDes. Baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan atapun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan 2024,” jelasnya.

“Proses-proses itu harus panjenengan ikuti, panjenengan punya hak dan kewajiban untuk itu,” tandasnya.

Pembinaan kelembagaan RT juga dihadiri oleh Ketua Karang Taruna se Kecamatan Ngronggot. Senada dengan peran penting RT, karang taruna juga diminta Puguh untuk aktif dalam menyuarakan atau meyampaikan aspirasi kaum muda/pemuda desa di dalam usulan RKPDesa.

“Karang taruna harus kreatif dan inovatif. Ide-ide dan konsep ideal tentang pengembangan sumber daya manusia di desa terkhusus dalam pemberdayaan pemuda,” imbuhnya. (ZK/YS/NR/RL)

Baca Juga: Bina Kelembagaan Desa Se-Kecamatan Berbek, Kang Marhaen Tegaskan Harus Libatkan Level Bawah

0 Komentar