Bina Kelembagaan Desa, Kang Marhaen Serahkan Sertifikat Kewirausahaan UMKM Kelurahan Mangundikaran

Kang Marhaen : mari kita branding menjadi tempatnya UMKM di Nganjuk

Nganjuk, PING - Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi hadir secara langsung membuka acara Sosialisasi Kelembagaan dan Penyerahan Sertifikat Kewirausahaan UMKM di Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk, pada Jumat (21/7/2023).

Dalam sambutannya, Kang Marhaen selalu menekankan pentingnya menjaga komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah desa dan lembaga desa.

"Untuk membentuk kelembagaan yang unggul harus mempunyai kesadaran dan tanggung jawab. Masing-masing lembaga harus dilibatkan mulai dari tokoh masyarakat, kader, RT/RW, maupun Lurah. Semua harus dilibatkan. Komunikasi penting," ucapnya.

Baca Juga : Perkuat Sinergritas, Kang Marhaen Berikan Pembinaan Lembaga dan Aparatur Pemerintah Desa di Gondang

Dikatakan Kang Marhaen bahwa Komunikasi, koordinasi, serta kolaborasi menjadi penting agar program dan kegiatan yang ada di desa dapat berjalan lancar dan maksimal. "Sehingga dari hubungan yang tercipta harmoni antara pemerintah desa dan lembaga desa ini pelayanannya bisa menjadi bagus," jelasnya

Kang Marhaen juga mendorong seluruh komponen Kelurahan Mangundikaran dan lembaga desa untuk selalu berinovasi dan membuat trobosan baru utamanya dalam pelayanan. "Kelurahan Mangundikaran adalah tempatnya usaha, banyak orang mendirikan usaha di Mangundikaran. Maka dari itu mari kita branding menjadi tempatnya UMKM di Nganjuk," tuturnya

Kang Marhaen menyebut Kelurahan Mangundikaran merupakan salah satu kelurahan yang menjadi andalan dalam mendukung program pemerintah baik dari tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Perlu diketahui Kelurahan Mangundikaran sudah banyak capaian prestasinya.

Baca Juga : Bupati Marhaen Bina Lembaga Desa Dibarengi Launching 17 Unit Mobil Siaga Desa di Sugihwaras-Bagor

"Selain sebagai tempatnya juara, torehan prestasi  tidak hanya tingkat Jatim tetapi juga Nasional. Kader dan warganya pun sangat luar bisa. Sehingga siapapun lurahnya, seperti slogan Mangundikaran 'tetap semanggi' (semangat kerja tinggi). Semanggi adalah motivasi dari internal, kerja apapun harus punya semangat yang tinggi," tambahnya.

Sementara itu Lurah Mangundikaran Purwohadi mengatakan kegiatan Ini adalah inisiasi dari Bupati Nganjuk dan sudah kali ke 6 dilakukan sosialisasi kelembagaan dan penyerahan sertifikat kewirausahaan UMKM di wilayah Nganjuk Kota. 

Dijelaskannya Kelurahan Mangundikaran mempunyai projek unggulan yaitu UMKM nya. "Dan kami sedang berusaha agar bisa mendapatkan sertifikasi dari pusat," terang Purwohadi.

Selain itu Mangundikaran juga mempunyai potensi yaitu embung yang masih diproses. Bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan ekonomi nya. 

Sebagai informasi turut hadir dalam  kegiatan pembinaan kelembagaan Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Camat Nganjuk, Forpincam Kelurahan Mangundikaran, Lurah dan Kepala Desa se Kecamaatan Nganjuk, pengurus lembaga kemasyarakatan kelurahan Mangundikaran, ketua RT/RW dan tamu undangan. (CY/KR/HS)

0 Komentar