Bhakti PUPR, Semangat Mengabdi Untuk Negeri: Dinas PUPR Droping Air Bersih

Bakti sosial Dinas PUPR Nganjuk bersama Kwarcab Nganjuk bantu korban dampak kekeringan

Nganjuk, PING- Bhakti PUPR, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk, mengadakan bakti sosial. Dinas PUPR bersama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Nganjuk mengirimkan bantuan air bersih di Kecamatan Jatikalen, Kamis (19/10/2023).

Bantuan air bersih ini diberikan akibat dampak kekeringan musim kemarau yang terjadi di wilayah Kecamatan Jatikalen. “Hari ini (19/10) kita droping air bersih 1 tangki, dengan kapasitas 4000 liter air. Semoga dapat bermanfaat dan membantu warga mencukupi air sehari-hari,” kata Kepala Dinas PUPR Nganjuk, Gunawan Widagdo usai memberangkatkan droping air Bhakti PUPR bersama Kwarcab Pramuka Nganjuk dari depan Aula Kantor PUPR.

Gerakan berbagi bersama Dinas PUPR dan Kwarcab Pramuka Nganjuk, diharapkan Gunawan Widagdo juga dapat memotivasi bersama dari perangkat daerah, organisasi masyarakat, dan lintas komunitas yang lain. Tergerak untuk peduli antar sesama, membantu masyarakat mengatasi kekeringan, ungkapnya.

“Dengan bhakti PUPR bersama adik-adik Pramuka, kakak-kakak Pramuka berbagi bersama. Pramuka luar biasa atas kepeduliannya,” apresiasi Gunawan Widagdo pada Kwarcab Pramuka Nganjuk.

Terkait kebutuhan dan supply air bersih, Gunawan Widagdo menambahkan, saat ini pihaknya juga aktif menerima masukan-masukan dari Gerakan Pramuka Cabang Nganjuk, misalnya pentingnya untuk dilakukan pengeboran air. Karena bukan tidak mungkin, ucap Gunawan Widagdo, dampak kekeringan dan kebutuhan air bersih setiap tahunnya pun akan dirasakan.

Baca Juga : Berikan Pelayanan Prima, Dinas PUPR Adakan Pelatihan Pegawai

Oleh karena itu, diakui Gunawan Widagdo, Dinas PUPR saat ini juga tengah menyiapkan rencana pengeboran air bersih di 5-7 titik rawan kekeringan. “Dalam tahun ini, dengan memanfaatkan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) dan dana intensif daerah untuk membantu masyarakat (kekeringan) langsung,” bebernya.

“Pemerintah harus ada ketika masyarakat membutuhkan, pungkas Gunawan Widagdo mengutip imbauan dari Pj.Bupati Nganjuk.

Sementara itu, Kak Sopingi Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Nganjuk, menyambut baik kerjasama bakti sosial bersama Dinas PUPR. “Bersama-sama membantu mengirimkan air bersih ke beberapa daerah di Nganjuk yang mengalami kekeringan, seperti Kecamatan Jaktikalen, Lengkong, Ngluyu sebagian Ngetos dan Berbek,” tuturnya.

Kerjasama yang luar biasa ini, kata Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk tersebut, sebagai bentuk pengabdian untuk masyarakat.

Baca Juga : Pastikan Tepat Waktu, Pj Bupati Nganjuk Sidak Pembangunan Jalan di Ngrengket dan Mlorah Rejoso

“Terima kasih juga kepada para Pramuka Nganjuk yang terus semangat mengabdi pada masyarakat. Alhamdulillah, beberapa waktu lalu kita (Pramuka) juga sudah mengirimkan 100 juriken, dan dalam waktu dekat juga akan kita kirim tandon air dengan kapasitas 2000 liter di Kecamatan Ngluyu. Semoga ikhtiar kita bersama dapat membantu meringankan masyarakat terdampak kekeringan dan air bersih,” tutupnya. (ZK/NR)

0 Komentar