Berikan Pelayanan Prima, Dinas PUPR Adakan Pelatihan Pegawai

Wujudkan pelayanan prima untuk kepuasan masyarakat

Nganjuk, PING- Salah satu kunci sukses dari keberhasilan dalam meningkatkan citra instansi adalah dengan berinteraksi dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat, dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan. Kepuasan mayarakat merupakan salah satu ukuran berkualitas atau tidaknya pelayanan pubik yang diberikan oleh aparatur pemerintah atau perangkat daerah.

Hal ini disampaikan Gunawan Widagdo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk, saat membuka “Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrasi Profesional Pelayanan Prima”, Kamis (19/1/2023) di Aula Rapat Dinas PUPR.

Peserta bimtek diikuti oleh para pegawai Dinas PUPR Nganjuk. Hadir sebagai narasumber dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga : Miliki Unit Reaksi Cepat, Dinas PUPR Optimalkan Layanan URCPJ

“Tujuannya adalah good governance, bagaimana untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, melalui pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik,” ucap Gunawan Widagdo.

Dinas PUPR, sebagai pengampu layanan masyarakat di bidang infrastruktur jalan dan penataan ruang, sebut Gunawan Widagdo, harus mampu menjawab persoalan atau problem di masyarakat dengan baik. Melalui bimtek ini, diharapkan Gunawan akan mampu mencipatakan SDM yang handal dan profesional.

“Melalui management pengelolaan sumber daya secara efisien. Dari pemerintah itu sendiri (Public), masyarakat (Civil Society) dan pihak swasta (Private),” terangnya, menyebut tiga komponen tersebut sebagai pilar good governance kepuasan publik (service excellence).

Baca Juga : Pastikan Tepat Waktu, Pj Bupati Nganjuk Sidak Pembangunan Jalan di Ngrengket dan Mlorah Rejoso

Dikatakan, Gunawan Widagdo, sukses dalam menciptakan kepuasan publik juga sangat tergantung dari tingkat keahlian dan profesionalisme sumber daya manusia sebuah organisasi.

Oleh karena itu, ungkapnya, peningkatan kualitas layanan seharusnya secara kontinu juga harus diupayakan oleh seluruh pegawai. Melalui ide-ide, kreatifitas dan inovasi dalam upaya untuk mengembangkan organisasi perangkat daerahnya (PUPR).  

“Pelayanan prima merupakan strategi untuk mewujudkan budaya kualitas pelayanan publik yang prima,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Bimtek, Adi Agus Budi Sampurno, mengatakan penyelenggaran bimtek pelayanan prima ini untuk meningkakan kapasitas aparatur pegawai Dinas PUPR Nganjuk. Dia menyembut, pelayanan prima menjadi service excellence.

“Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai pengguna layanan di Dinas PUPR,” imbau Adi Agus Budi Sampurno, pada 70 peserta bimtek yang hadir. (ZK/NR)

0 Komentar