Bentuk Karakter Para Generasi Muda, Bakesbangpol Nganjuk Berikan Edukasi Wawasan Kebangsaan

Bagi pelajar tingkat SMP sederajat guna menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme

Nganjuk, PING- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Nganjuk menggelar sosialisasi peningkatan edukasi wawasan kebangsaan kepada pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, pada pertengahan Maret ini.

"Sosialisasi ini, sebagai bentuk kepedulian bersama dalam pembinaan wawasan kebangsaan bagi peserta didik yang berorientasi pada pembentukan karakter Warga Negara, khususnya generasi muda yang memiliki nilai-nilai rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Sehingga perlu dilakukan upaya menyelamatkan, agar tetap tumbuh di kalangan remaja atau pelajar," kata Atim Swasono selaku Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk pada PING, Selasa (28/03/2023).

Menurut Atim Swasono, ada empat pilar yang ditekankan dalam wawasan kebangsaan yakni wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Baca Juga : Jaga Kondusifitas dan Kamtibmas Jelang Ramadhan 2023, Kang Marhaen Pimpin Rapat Bersama Forkopimda

Demi mencegah akibat penyimpangan ideologi maka diperlukan tindakan tegas untuk menumbuhkan wawasan terhadap pelajar. "Kegiatan ini, juga kami laksanakan di SMP yang ada di wilayah Kecamatan Nganjuk, mulai dari SMPN 1 Nganjuk sampai dengan SMPN 7 Nganjuk," ujarnya.


Kegiatan Edukasi peningkatan wawasan kebangsaan  bagi pelajar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk

Diakui Atim, banyak manfaat setelah mengikuti sosialisasi ini. Salah satunya para pelajar dapat menumbuhkan kembali rasa kebangsaan (Nasionalisme) yang mulai memudar serta mampu meningkatkan wawasan mereka tentang Pancasila. Karena saat ini, mereka (pelajar) merupakan generasi penerus perjuangan Bangsa.

Baca Juga : Pemkab Nganjuk Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022

"Usai pemberian edukasi ini, kami akan melakukan evaluasi dan monitoring, apakah sosialisasi berdampak dan bisa diterapkan secara baik di kalangan remaja. Kami juga akan melakukan tinjauan kembali tentang apa yang kami sampaikan ini," tegasnya.


Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk, Atim Swasono saat ditemui PING

Untuk itu, Atim berharap agar para pelajar mampu memahami arti dari wawasan kebangsaan dan senantiasa menjadi pelopor di masyarakat dan lingkungan sekolahnya untuk menjaga kerukunan kedamaian dan persatuan diantara sesama.

Sementara itu, Divisi Penelitian dan Pengembangan  (Litbang) SMPN 1 Nganjuk, Tavif Wandi Hantini menyampaikan, wawasan kebangsaan sangat perlu dan sangat mendasar ditanamkan di lingkungan sekolah.

Baca Juga : Sekolah Bermartabat Pancasila, Cetak Generasi Muda Unggul dan Berkualitas

Sesuai Pasar 27 (ayat) 3 mengamanatkan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.”

"Penting dilakukan di awal, karena kita di pengaruhi oleh perkembangan dan dinamika situasi, maka sangat perlu kita tumbuhkan wawasan kebangsaan kepada pelajar," imbuhnya.

Sebagai informasi, kegiatan peningkatan edukasi wawasan kebangsaan ini diikuti oleh guru pembimbing dan siswa-siswi dari SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6 dan SMPN 7 Nganjuk. (Hs/Ys)

0 Komentar