Bentuk Generasi Relawan yang Berkualitas, PMI Nganjuk Gelar DIKSAR KSR 2023

Diharapkan akan lahir relawan-relawan PMI yang siap untuk ditugaskan dan mampu memberikan pelayanan yang bermanfaat bagi masyarakat

Nganjuk, PING- Guna meningkatkan kemampuan dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) para relawan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKSAR) Korps Sukarela Relawan (KSR), bertempat di STKIP PGRI Nganjuk, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan DIKSAR KSR PMI ini dibuka langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Nganjuk, Lishandoyo, dengan diikuti 69 peserta dari Perguruan Tinggi di Kabupaten Nganjuk. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, 25-26 November 2023.

Dalam sambutannya, Lishandoyo menyampaikan kegiatan DIKSAR ini merupakan salah satu wadah yang digunakan guna meningkatkan kualitas Relawan PMI Kabupaten Nganjuk sebelum nantinya terjun dalam kegiatan Kemanusiaan. Lishandoyo memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

"Pembentukan KSR ini dalam rangka memperbanyak jumlah relawan di Kabupaten Nganjuk yang terdidik dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugas kepalangmerahan dan sosial kemanusiaan," ucapnya.

Dikatakan Lishandoyo para peserta akan diberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip Palang Merah Indonesia, etika relawan, pertolongan pertama, perawatan keluarga, penanganan bencana, kesehatan remaja, Restoring Family Link (RFL), program berbasis masyarakat, kepemimpinan, Water and Sanitation Hygiene (WASH).

Selain itu, para peserta juga praktik lapangan. Praktik lapangan yang dirancang untuk menguji kemampuan peserta dalam menghadapi situasi darurat. Para relawan ditempatkan dalam skenario penanganan pertolongan pertama dan bencana alam lainnya.  

Melalui pembekalan tersebut, Lishandoyo berharap KSR memiliki kemampuan dan skill dalam penanganan bencana, layanan P3K, dan mampu mengatasi permasalahan di lingkungannya. "Sehingga diharapkan akan lahir relawan-relawan PMI yang siap untuk ditugaskan dan mampu memberikan pelayanan yang bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

0 Komentar