Bayi Lahir Sehat, Akte dan KK Lengkap di RSD Nganjuk

Sehat pasiennya lengkap Adminduknya

Nganjuk, PING- Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) terpadu, Sehat Pasiennya Lengkap Adminduknya, sudah bisa dirasakan oleh masyarakat Nganjuk. Jumat (22/9/2023) di Ruang Kemuning RSD Nganjuk, Direktur Rumah Sakit Nganjuk, Tien Farida Yani, menyerahkan secara langsung 2 (dua) akte kelahiran bayi baru lahir, lengkap dengan Kartu Keluraga yang baru.

“Hari ini (Jumat, 22/9/2023) kami menyerahkan secara langsung akta kelahiran bayi dan juga lengkap dengan Kartu Keluarga (KK) baru. KK baru, dengan memasukkan anggota keluarga yang baru karena anak baru lahir,” kata Dokter Tien.

Baca Juga: Pelayanan Adminduk di Puskesmas dan RSD, Masyarakat Dapat 3 Dokumen

Layanan Adminduk bagi ibu melahirkan di Rumah Sakit Nganjuk, kata Dokter Tien, Direktur RSD Nganjuk, sudah berjalan sejak tanggal 18 Sepetember 2023, lalu.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali atas program dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk saat ini, atas kebijakan Kang Marhaen, selaku Bupati Nganjuk. Tentunya dalam pengembangan digitalisasi ini kita terfasilitasi bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nganjuk dalam memproses Adminduk,” kata Dokter berkacamata itu.

Sehingga, diakui Tien Farida, layanan terpadu serta terintegrasi ini sangat memudahkannya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan pasiennya. Terutama bagi ibu pasca persalinan.

“Ibu bersalin pulang dari Rumah Sakit Nganjuk sudah bisa membawa akte kelahiran untuk putra-putrinya, serta sudah bisa membwa KK yang sudah sesuai dengan penambahan anggota keluarga,” bebernya.

Namun perlu diingat, untuk bisa mendapatkan fasiltas tersebut, sebut Dokter Tien Farida, pasangan suami-istri harus sudah menjadi satu. Artinya, pasangan suami isteri sudah dalam satu Kartu Keluarga (KK) atau memiliki KK sendiri.

“Kemudian jangan lupa menyiapkan nama terbaik untuk putra-putrinya. Sehingga pulang dari Rumah Sakit sudah bisa membawa KK dan Akte anak,” pesan wanita hijab berkacamata yang murah senyum itu kepada calon ibu melahirkan.

Baca Juga: Pemkab Nganjuk Siap Realisasikan Layanan 'Sehat Pasiennya-Lengkap Adminduknya'

Raut wajah bahagia terlihat dari orang tua bayi, Muhammad Abdul Mutolib, ayah 35 tahun, asal Desa Karangsono, Kecamatan Loceret ini, merasa senang dan bersyukur bisa membawa pulang akte anak dan KK barunya, tanpa harus ke Kantor Dukcapil.

“Saya sangat bersyukur dengan program kelahiran yang langsung dibikinkan akte dan KK ini, kami sangat merasa terbantu, pulang sudah bisa membawa akte dan KK, terima kasih semoga sukses selalu Nganjuk dan RSD Nganjuk kedepannya,” ucap Pak Tolib, sapaan akrabnya.

Hal yang sama juga disampikan Siti Mahsunatul Muadibah, asal Desa Ngetos Kecamatan Ngetos. “Alhamdulillah dengan adanya akte dan kk baru ini kami merasa terbantu, lahirnya putri kami dengan selamat, kami sudah bisa membawa pulang akte kelahiran dan kk tanpa kami mengurus di Capil terimakasih RSD Nganjuk,” tuturnya.

Baca Juga: Kang Marhaen Kukuhkan Jajaran Pengurus dan Resmikan Klinik Eksekutif RSD Nganjuk

Sebagai informasi, Inovasi layanan terpadu kesehatan dan administrasi kependudukan (Adminduk) ini juga dapat dinikmati oleh masyarakat Nganjuk di 20 Puskesmas dan  Rumah Sakit Daerah lainnya. Berlaku di Faskes Puskesmas, RSD Nganjuk dan RSD Kertosono. (ZK/AF/NR)

0 Komentar