Batik Jayastamba Raih Juara Pertama Dalam Lomba Batik Bordir dan Aksesoris Fair Jatim 2023

Berharap Batik Anjuk Ladang semakin dikenal dan UMKM batik di Kota Angin semakin berkembang

Nganjuk, PING- Kabupaten Nganjuk kembali meraih juara pertama dalam acara Lomba Batik Bordir dan Aksesoris Fair Ke-18 tahun 2023, dengan tema ‘Kilau Suwarna Kriya Nusantara’ Rabu, (8/2/2023).

Dalam ajang tersebut, Plt. Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi dan Istrinya Yuni Marhaen, Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Nganjuk menjadi model dalam peragaan batik yang bersaing dengan para Bupati dan walikota sekaligus ketua Deskranasda se- Jatim yang ikut memamerkan batik unggulan asli daerah.

Baca Juga : Griya Batik Sri Rahayu Swarnabhumi, Kembangkan Batik Ecoprint Ramah Lingkungan

Kegiatan yang berlangsung di Grand City Mall Surabaya selama lima hari, dari tanggal 8-12 Maret 2023 ini digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) guna merayakan HUT Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) ke- 43.

Pameran ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi pengrajin di Jawa Timur dalam mempromosikan produknya serta membangun kesadaran masyarakat agar lebih mengenal dan mencintai produk lokal.

Mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, membuka langsung acara yang diikuti sejumlah 145 stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berpartisipasi dalam pameran tersebut.

Adhy menjelaskan bahwa peningkatan kesejahteraan masyarakat masih menjadi fokus utama Pemprov Jatim dalam membangun Jawa Timur.

Pembinaan kerajinan kriya merupakan salah satu bentuk visi Pemprov Jatim Nawa Bhakti Satya, pertama Jatim Kerja, yakni pemerintah bertekad memperluas lapangan kerja dan membangun keunggulan ekonomi.

Baca Juga : Resmikan Batik Ecoprint Nganjuk, Berharap Batik Nganjuk Tembus Hingga Pasar Internasional

"Dan kedua, Jatim Berdaya, yakni Pemerintah bertekad memperkuat ekonomi masyarakat berbasis UMKM, Koperasi, BUMDes, dan mendorong terciptanya Desa Mandiri,” jelasnya

Adhy mengatakan bahwa jumlah unit UMKM yang banyak di Jawa Timur, yaitu 9,7 juta merupakan sangat kuat

“Maka UMKM layak mendapat perhatian dari pemerintah dalam berbagai tahapan yang saling memperkuat untuk mencapai ‘UMKM Mantab’. Mantab adalah akronim dari Mandiri, Tangguh dan Bermartabat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Timur (Dekranasda Jatim), Arumi Bachsin Emil Dardak, mengucapkan selamat ulang tahun pada Deskranasda yang ke-43.

Arumi mengapresiasi setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan Dekranasda dalam menciptakan kiprahnya bersama dengan pemerintah untuk melindungi, melestarikan, membina, dan mengembangkan seni kerajinan berbasis nilai budaya bangsa,” tutur Arumi.

Baca Juga : 2 Finalis Dari Nganjuk Tampil Pada Pemilihan Duta Batik Jatim 2022

“Seni kerajinan akan dapat memperkuat citra dan identitas daerah serta berperan secara nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas,” pungggkasnya.

Arumi berharap, melalui Batik Bordir Aksesoris Fair Jatim 2023 ini mampu semakin memperluas jaringan pasar para UMKM, dan membantu pemerintah dalam pemberian bantuan stimulus kepada UMKM. 

Selanjutnya, Yuni Marhaen juga mengatakan bahwa “Kami berpartisipasi dalam rangka untuk menciptakan dan menonjolkan bahwa inilah kreatifitas Kabupaten Nganjuk tidak kalah dengan produk-produk Kabupaten lain” tuturnya.

Kang Marhaen juga mengucap rasa syukurnya, “Alhamdulillah, Nganjuk juara lagi,” ujarnya.

“Hal ini menjadi bukti bahwa batik asli Kota Angin tidak kalah dengan daerah lain. Sekaligus bisa disesuaikan dengan mode yang beraneka ragam”, tambah kang Marhaen.

Kang Marhaen berharap Batik Anjuk Ladang semakin dikenal dan UMKM batik di Kota Angin semakin berkembang. Apalagi corak dan kualitasnya yang memang jempolan.“Yuk pakai Batik Anjuk Ladang,” ajaknya. (Ys/Nr)

 

Baca Juga: HKG-PKK Ke 50, Yuni Marhaen Berikan Penghargaan Kepada Kader PKK Berprestasi dan Kader 20 Tahun

0 Komentar