Antusias Kader PKK Desa dan Posyandu Baron Ikuti Demo Dapur B2SA

Praktik memasak makanan olahan pangan Non Beras dan Non Tepung (NBNT) Bergizi, Beragam, Seimbang, dan Aman (B2SA)

Nganjuk, PING– Pemkab Nganjuk melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) bersama Forpimcam dan TP-PKK Kecamatan Baron bersinergi menggelar pelatihan memasak olahan pangan Non Beras dan Non Tepung (NBNT) dapur Bergizi, Beragam, Seimbang dan Aman (B2SA) bagi Ketua TP-PKK Desa dan Kader Posyandu se-Kecamatan Baron, Senin (27/11/2023) di Pendopo Kecamatan Baron.

Adapun tujuan diselenggarakannya acara pelatihan tersebut adalah sebagai intervensi gerakan penurunan angka stunting di Kabupaten Nganjuk pada tahun 2024, dari angka 20% turun menjadi 14%.

“Ini (Pelatihan memasak NBNT) juga dapat digunakan sebagai salah satu intervensi kami, Kecamatan Baron dalam rangka menurunkan angka stunting di Kabupaten Nganjuk. Total ada 11 Desa di wilayah Kecamatan Baron, dimana pada tahun 2023 ini salah satunya telah ditetapkan sebagai Penanganan Locus Stunting yaitu Desa Jekek,” ujar Gunawan Wibisono, Camat Baron menyambut baik pelatihan memasak NBNT Dinas KPP Nganjuk.

Dengan diselenggarakannya pelatihan memasak tersebut, Gunawan Wibisono berharap seluruh kader TP-PKK Desa dan Posyandu se-Kecamatan Baron yang hadir tersebut turut mengintervensi menangani permasalahan stunting di masing-masing desanya.

“Setelah dilatih, baik Ketua TP-PKK Desa maupun Kader Posyandu di masing-masing desa untuk menerima sharing ilmu dari Chef Profesional yang didatangkan oleh Dinas KPP Kab. Nganjuk. Dengan harapan, ilmu yang didapatkan tersebut dapat diinformasikan ke kader-kader yang lain. Sehingga ikhtiar kita dalam menurunkan angka stunting dapat berjalan optimal,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kecamatan Baron, Ai Feti Gunawan Wibisono, menyampaikan terima kasih atas diselenggarakannya pelatihan memasak olahan NBNT bagi anggotanya dan Kader Posyandu se-Kecamatan Baron.

“Terimakasih telah memberikan kami pelatihan mengolah makanan yang memenuhi standar B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman). Terlebih dalam rangka untuk menurunkan angka stunting. Semoga melalui kegiatan ini kader-kader kami memperoleh ilmu yang bermanfaat dan dapat menerapkan di dalam keluarganya,” pungkasya.

Dalam acara tersebut, juga diadakan pameran UMKM hasil produk olahan Kader PKK desa Kecamatan Baron makanan berbahan baku non beras dan non tepung. Juga ditampilkan produk kerajinan dan hiasan gantungan.

Demo (praktik) masak kali ini menampilkan menu olahan Talam Kolak Susu Labu Kuning dan olahan Rolade Ayam Sayuran Saus Susu Naga, semuanya berbahan dasar non beras non tepung. (ZK/ALPH)

0 Komentar