Ajak Tertibkan Keamanan, Ini Pesan Kasi Trantib Kecamatan Nganjuk

Masyarakat Diimbau Kembali Aktifkan Pos Kamling

NGANJUK, PING-Guna meningkatkan keamanan di setiap lingkungan, Pemerintah Kecamatan Nganjuk mengimbau masyarakat untuk kembali mengaktifkan pos keamanan lingkungan (kamling). Mengingat, akhir-akhir ini banyak pos kamling yang telah lama tidak aktif.

Hal itu seperti dikatakan Kasi Ketertiban dan Keamanan (Trantib) Kecamatan Nganjuk Jose Danis G. L. Menurutnya, pos kamling merupakan garda depan keamanan di lingkungan masyarakat. Pelaksanaannya juga diperkenankan melibatkan unsur Babinsa maupun Bhabinkamtibmas.

"Dalam menjaga keamanan masyarakat, tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada TNI maupun Polri. Perlu adanya komitmen dari masyarakat lebih dulu terhadap lingkungannya. Keamanan lingkungan sepenuhnya tanggung jawab masyarakat. Karena yang benar-benar paham kondisi setempat adalah warga," terangnya saat ditemui PING, Senin (28/06/2021).

Jose melanjutkan, tingginya angka kriminalitas di masa pandemi COVID-19 juga mendorong pihaknya untuk terus meningkatkan pengamanan hingga lapisan bawah. Peningkatan pengamanan turut pula melibatkan unsur TNI maupun Polri melalui Babinsa serta Bhabinkamtibmas.

(Kasi Trantib Kecamatan Nganjuk bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas memantau Pos Kamling)

Selain itu, Jose berpesan, di tengah percepatan penanganan COVID-19, pemerintah desa maupun kelurahan harus mampu membangun kesadaran masyarakat. Upaya itu bisa dilakukan melalui Ketua RT, RW maupun Linmas. Sinergi ketiganya bersama pihak terkait, akan dapat meredam gangguan keamanan sejak dini.

"Kami harap Ketua RT dan RW membentuk jadwal untuk menjaga pos kamling. Serta patroli rutin semakin diperketat. Dalam rangka menciptakan sekaligus membentuk keamanan bersama," tutupnya. (Cy)

Baca Juga :

0 Komentar