Adminduk Harus Lengkap, Sekda Nur Solekan Sosialisasikan Layanan Jebol Gawang di Desa Sawahan

Nganjuk menuju satu data tahun 2024

Nganjuk, PING- Sekretaris Daerah (Sekda) Nganjuk, Nur Solekan mengimbau masyarakat di Desa/Kecamatan Sawahan untuk segera mengurus dan melengkapi adminitrasi kependudukan. Adminitrasi kependudukan (Adminduk) adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap individu ataupun keluarga di seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan Sekda Nur Solekan saat menghadiri Sosialisasi Kebijakan Layanan Jebol Gawang (Jemput Bola Gawekne Administrasi Kependudukan Warga Nganjuk) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Nganjuk, Kamis (9/11/2023) di Balai Desa Sawahan, Kecamatam Sawahan.

Dalam arahannya, Nur Solekan menyampaikan identitias kependudukan (KTP), kartu keluarga (KK), akte kelahiran dan akte kematian harus selalu diupdate atau diperbaruhi.

Baca Juga : Dinas Dukcapil Beri Pelatihan Aktivasi IKD Bagi Seluruh Operator Desa/Kelurahan

“Nganjuk saat ini sudah menuju kabupaten digital dengan meluncurkan Nganjuk Smart City yang di dalamnya ada banyak aplikasi layanan untuk masyarakat terutama aplikasi Adminduk atau layanan kependudukan kemudian tahun 2024 kita menuju Nganjuk Satu Data yang bertujuan untuk kepetingan pelayanan administrasi Masyarakat, termasuk di dalamnya adalah administrasi kependudukan, kesehatan, pendidikan, dan bantuan sosial. Semua kita buat untuk Nganjuk satu data,” tandasnya.

Nur Solekan juga menambahkan, Kabupaten Nganjuk sudah membentuk tim atau petugas di 284 desa/kelurahan, yang nanti akan kita latih agar dalam melakukan pendataan desa bisa netral tidak pilih kasih, semua demi Kabupaten Nganjuk

Sementara itu, Kapala Desa Sawahan, Hermadi menyambut baik adanya layanan jemput bola adminitrasi kependudukan Dispendukcapil. Menurutnya, layanan ini dapat memudahkan warganya untuk membuat dan melengkapi identitas kependudukannya.

Baca Juga : Dispenduk Capil Terus Kenalkan Layanan ‘Sehat Pasiennya, Lengkap Adminduknya’ pada Masyarakat

“Alhamdulillah hari ini banyak warga kami yang datang. Mereka mengurus KTP, akta kematian juga perubahan susunan anggota keluarga, ini sangat membantu dan memudahkan warga kami tanpa harus ke Kantor Dispendukcapil Nganjuk,” bebernya.

Kades Sawahan berharap, tidak berhenti di Desa Sawahan, layanan ini juga dapat dilaksanakan di wilayah desa yang lain

Adapun, kegiatan yang di hadiri Sekretaris Daerah Nur Solekan, anggota DPRD, jajaran Forkompincam Sawahan, Kepala Desa Sawahan, perangkat Desa Sawahan, dan lembaga di Desa Sawahan. (RL/ZK/NR)

0 Komentar