3 Desa/Kelurahan di Kabupaten Nganjuk Ikuti Lomba Penilaian Anugerah Patriot Jawi Wetan

3 Desa/Kelurahan yaitu Kelurahan Ploso, Desa Kedungglugu, Desa Sumberurip

Nganjuk, PING- Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas PMD Nganjuk dan Polres Nganjuk telah menetapkan 2 Desa dan 1 Kelurahan untuk ikut serta dalam ajang penilaian Anugerah Patriot Jawi Wetan tahun 2023 Tingkat Provinsi.

Penilaian yang diikuti oleh 3 Desa/Kelurahan ini berlangsung secara virtual pada Jumat (8/9/2023) bertempat di Ruang Rapat Command Center Nganjuk.

Ketiga Kelurahan/Desa tersebut yaitu Kelurahan Ploso Kecamatan Nganjuk, Desa Kedungglugu Kecamatan Gondang, Desa Sumberurip Kecamatan Berbek. 

Hadir dalam acara tersebut Kasi Administrasi dan Kelembagaan Desa Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Kodim Nganjuk, 3 Pilar Desa Sumberurip, 3 Pilar Desa Kedungglugu, 3 Pilar Kelurahan Ploso. 

Anugerah Patriot Jawi Wetan adalah pemberian penghargaan untuk tiga pilar Desa/Kelurahan, yakni Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), dan Kepala Desa/Lurah dalam mengabdikan diri kepada masyarakat dan mendukung keberhasilan pembangunan desa.

Dalam laporannya, AKP Totok Heru Rudianto selaku Kasatbinmas Polres Nganjuk menyampaikan beberapa persiapan-persiapan yang sudah dilakukan desa/kelurahan dalam mengikuti penilaian tersebut diantaranya dengan membuat profil desa. Dimana dalam profil desa tersebut berisikan beberapa keunggulan dan inovasi yang ada di desa/kelurahan. 

"Kita jelaskan beberapa keunggulan-keunggulan yang ada di desa/kelurahan seperti pada bidang pertanian, peternakan maupun wisata. Kita ambil dibidang tersebut karena Satbinmas bertanggung jawab dalam bidang keamanan," jelasnya. 

Menurutnya, tolok ukur dari ekonomi yang meningkat adalah Satbinmas yang kondusif. "Jika terjadi keamanan yang begitu kondusif, masyarakat akan bisa bekerja dengan baik dan ekonomi bisa meningkat. Dengan harapan ekonomi kondusif, keamanaan meningkat dan masyarakat sejahtera," turtur AKP Totok. 

Sementara itu, Rosyid selaku Kasi Administrasi dan Kelembagaan Desa Dinas PMD menjelaskan bahwa penilaian anugerah patriot jawi wetan ini merupakan inovasi dari Jawa Timur, dimana patriot jawi wetan ini ditujukan untuk 3 pilar yang ada di desa maupun kelurahan. 

"Kami berharap hal yang bagus ini dapat terus berlanjut dan dapat terjadi di masing-masing provinsi," tuturnya. (Cy/Kur)

0 Komentar