Siap Untuk Selamat! Pj Bupati Gelar Pasukan dan Perlengkapan Kesiapsiagaan Bencana

Rabu, 22 November 2023

Antisipasi potensi bencana alam di Kabupaten Nganjuk, Pemerintah Kabupaten Nganjuk menggelar Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023, Rabu (22/11/2023) di Jalan A Yani Timur, Taman Nyawiji Nganjuk.

Tujuan apel ini adalah sebagai langkah kesiapsiagaan Pemkab Nganjuk dalam memberikan rasa aman kepada masyatakat saat terjadi bencana, dan pasca terjadinya bencana. Pun juga untuk mitigasi kesiapan personil dalam menghadapi ancaman bencana atau pra kejadian.

Apel kesiapsiagaan dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna. Penyematan tanda siaga bencana oleh Bupati kepada perwakilan TNI, POLRI, BPBD, dan Kwarcab Nganjuk, sebagai tanda kesiapsiagaan dari jajaran pemerintah, stakeholder terkait dalam menghadapi bencana di Kota Angin.

Sementara itu, dalam laporannya, Kalaksa BPBD Nganjuk, Abdul Wakid mengatakan Pemkab Nganjuk telah siap siaga dalam menghadapi bencana pada akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024. Total ada 500 personil saat ini yang telah siap dan siaga, dari personil hingga peralatan kebencanaan, juga mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan Kesiapsiagaan.

“Dengan menyiagakan peralatan kebencanaan sebagai berikut; ada 58 unit trail roda dua, 7 unit truck, 1 unit water cannon, 6 unit ambulan, 11  mobil rescue. 1 unit tenda dapur lengkap, 2 unit bego, 2 unit mobil kebakaran, 20 mobil siaga desa, 4 unit perahu dan peralatan selam, 1 tenda telekomunikasi dan peralatan radio, 3 unit mobil patroli, 1 unit mobil PLN, 1 unit mobil Telkom, 1 unit mobil edukasi penanggulangan bencana, 1 truck rescue Basarnas Surabaya,” beber Abdul Wakid memaparkan kesiapan peralatan bencana.

-

Selengkapnya : Siap Untuk Selamat! Pj Bupati Gelar Pasukan dan Perlengkapan Kesiapsiagaan Bencana

Komentar