Cegah Korupsi Sejak Dini, Kang Marhaen Buka Bimtek Anti Korupsi Bagi Keluarga ASN

Sabtu, 26 Agustus 2023

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Nganjuk yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Peran Serta Masyarakat, dengan tema “Mewujudkan Keluarga Anti Korupsi Melalui Penanaman Nilai-Nilai Integritas, bagi keluarga pejabat pemerintah daerah Kabupaten Nganjuk. Apresiasi ini disampaikan oleh Firlana Ismayadin, Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat (Dit. Permas) KPK RI, dalam keterangan persnya, Kamis (24/8/2023) di Pendopo KRT Sosrokoesoemo Pemkab Nganjuk.

Firalana Ismayadin menyebut kerjasama Pemkab Nganjuk dengan KPK RI ini dalam rangka membentuk keluarga sebagai agen anti korupsi. Keluarga harus menjadi pondasi dan benteng anti korupsi. Karena menurut Firlana, bukan tidak mungkin dari keluargalah akan lahir-lahir pemimpin di masa depan.“Maka dari keluarga inilah yang harus kita intervensi pertama,” tandasnya.

Dalam arahannya, Bupati Marhaen, menyampaikan pentingnya nilai-nilai integritas anti korupsi pada lingkungan keluarga. Khususnya, bagi keluarga para Aparatur Sipil Negara (ASN), sebagai Abdi Negara. ASN menjadi rawan, kata Kang Marhaen, karena mereka memiliki jabatan, kuasa yang menjadi rawan untuk disalah gunakan. Sebagai upaya mitigasi, ungkap Kang Marhaen, keluarga menjadi kontrol sosial untuk memberikan edukasi dan pendidikan budaya anti korupsi pada lingkungan keluarga, antara orang tua pun juga anak. Keluarga menjadi kontrol mawas diri kita dalam mengambil sikap dan tindakan.

-

Selengkapnya di Wujudkan Keluarga Anti Korupsi, KPK RI Apresiasi Inisiatif Pemkab NganjukCegah Korupsi Sejak Dini, Kang Marhaen Buka Bimtek Anti Korupsi Bagi Keluarga ASN

Komentar