SEKRETARIS DPRD KABUPATEN NGANJUK  (Plt) : Drs Djoko Wasisto, MPd

Alamat : Jl. Gatot Subroto 112 Nganjuk

Telp : 0358 323 495


LAMPIRAN II.2

PERATURAN BUPATI NGANJUK
NOMOR 41 TAHUN 2016
TENTANG KEDUDUKAN DAN SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA SEKRETARIAT DPRD
KABUPATEN NGANJUK
I. TUGAS POKOK
Sekretariat DPRD mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi kesekretariatan dan keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD serta menyediakan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. 
II. FUNGSI SEKRETARIAT DPRD
Sekretariat DPRD mempunyai fungsi : 
a. penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD;
b. penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD;
c. fasilitasi penyelenggaraan rapat DPRD;
d. penyediaan dan pengoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.
1. Bagian Umum
BagianUmum mempunyai tugas pokok melaksanakan pelayanan adminidtrasi umum yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, rumah tangga dan perlengkapan
 Bagian Umum mempunyai fungsi :
a. Ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;
b. Pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
c. Pengaturan dan penyiapan tempat serta kelengkapan sidang / rapat DPRD;
d. Pelaksanaan adminidtrasi dan pembinaan kepegawaian;
e. Pengelolaan barang-barang inventaris kantor
f. Pelaksanaan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA ) dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
g. Penyusunan dan pelaksanaan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
h. Pelaksanaan sistem pengendalian intern ( SPI )
i. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
j. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh sekretaris DPRD sesuai tugas pokok dan fungsinya
1) Subbag. Rumah Tangga dan Perlengkapan
Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan mempunyai tugas :
a. menyiapkan tempat dan fasilitas penyelenggaraan rapat dan sidang DPRD
b. melaksanakan urusan rumah tangga dan Gedung DPRD
c. mengurus Kendaraan Dinas dan barang-barang utau inventaris lainnya serta menjaga keamanan pada gedung dan kantor DPRD
d. melaksanakan kebersihan ruangan, gedung dan halaman serta peralatan taman dilingkungan sekretariat DPRD dan DPRD
e. mengumpulkan bahan penyusunan rencana kebutuhan perbekalan dan perlengkapan
f. melaksanakan pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian perbekalan dan perlengkapan
g. melaksanakan pemeliharaan dan pengadministrasian perbekalan dan perlengkapan
h. mengelola barang-barang inventaris kantor
i. membuat perhitungan harga kebutuhan barang
j. mengumpulkan informasi harga perhitungan dan menilai mutu perbekalan yang diperlukan
k. melaksanakan inventarisasi pembelian perbekalan dan perlengkapan
l. melaksanakan penawaran harga kebutuhan barang
m. melaksanakan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA )dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
n. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
o. melaksanakan sistem pengendalian intern ( SPI )
p. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
q. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya
2) Subag. Tata Usaha dan Kepegawaian
Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian mempunyai tugas :
a. melaksanakan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan
b. mengatur kegiatan rutin Pimpinan dan Anggota DPRD
c. melaksanakan dan pengelolaan administrasi kepegawaian
d. menyiapkan administrasi perjalanan dinas sekretariat DPRD dan DPRD
e. melaksanaan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA )dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
f. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
g. melaksanakan sistem pengendalian intern ( SPI )
h. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
i. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya
2. Bagian Persidangan
Bagian Persidangan mempunyai tugas :
a. mengumpulkan bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang persidangan yang meliputi tata naskah rapat risalah,protokol dan komisi-komisi serta peninjauan dan kunjungan DPRD
b. menggordinasikan pelaksanaan kegiatan dibidang persidangan yang meliputi tata naskah rapat risalah,protokol dan komisi-komisi serta peninjauan dan kunjungan DPRD
c. memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dibidang persidangan yang meliputi tata naskah rapat risalah,protokol dan komisi-komisi serta peninjauan dan kunjungan DPRD
d. memberikan pelayanan kegiatan dibidang persidangan yang meliputi tata naskah rapat risalah,protokol dan komisi-komisi serta peninjauan dan kunjungan DPRD
e. melaksanakan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA )dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
f. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
g. melaksanakan sistem pengendalian intern ( SPI )
h. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
i. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Sub Bag Tata Naskah dan Risalah
Sub Bagian tata Naskah dan Risalah mempunyai tugas :
a. Mengumpulkan bahan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan di bidang tata naskah rapat dan risalah yang meliputi notulen rapat, program kerja DPRD dan laporan kegiatan DPRD
b. Mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan dibidang tata naskah rapat dan risalah yang meliputi notulen rapat, program kerja DPRD dan laporan kegiatan DPRD
c. Mengelola administrasi tata naskah rapat dan risalah yang meliputi notulen rapat,program kerja DPRD dan laporan kegiatan DPRD
d. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dibidang tata naskah rapat dan risalah yang meliputi notulen rapat,program kerja DPRD dan laporan kegiatan DPRD
e. melaksanakan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA )dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
f. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
g. melaksanakan sistem pengendalian intern ( SPI )
h. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
i. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya
2) Sub Bagian Protokol dan Alat Kelengkapan
 Sub Bagian Protokol dan Alat Kelengkapan mempunyai tugas :
a. Mengumpulkan bahan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang protokol dan komisi yang meliputi jadwal kegiatan rapat, tempat rapat, peninjauaan dan kunjungan kerja komisi dan kegiatan keprotokoleran DPRD dan Sekretariat DPRD
b. Mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan di bidang protokol dan komisi yang meliputi jadwal kegiatan rapat, tempat rapat, peninjauaan dan kunjungan kerja komisi dan kegiatan keprotokoleran DPRD dan Sekretariat DPRD
c. Mengelola administrasi keprotokoleran dan Alat Kelengkapan yang meliputi jadwal kegiatan rapat, tempat rapat, peninjauaan dan kunjungan kerja Alat Kelengkapan dan kegiatan keprotokoleran DPRD dan Sekretariat DPRD
d. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dibidang keprotokolan dan Alat Kelengkapan yang meliputi jadwal kegiatan rapat, tempat rapat, peninjauaan dan kunjungan kerja Alat Kelengkapan dan kegiatan keprotokoleran DPRD dan Sekretariat DPRD
e. melaksanakan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA )dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
f. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
g. melaksanakan sistem pengendalian intern ( SPI )
h. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
i. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya
3. Bagian Perundang-Undangan dan Dokumentasi
Bagian Perundang-Undangan dan Dokumentasi mempunyai tugas memfasilitasi penyusunan produk daerah yang terkait dengan kewenangan DPRD melaksanakan publikasi dan informasi mengenai kegiatan DPRD dan mengelola perpustakaan DPRD.
 Bagian Perundang-Undangan dan Dokumentasi mempunyai fungsi :
a. Pelaksanaan fasilitasi Perumusan Rancangan Peraturan Daerah, Peraturan DPRD, Keputusan Pimpinan DPRD, Keputusan bersama DPRD dengan Bupati, Keputusan Sekretaris DPRD, Keputusan Badan Kehormatan DPRD dan Keputusan alat kelengkapan DPRD
b. Pengkordinasian pelaksanaan kegiatan di bidang perundang-undangan dan dokumentasi yang meliputi perundang-undangan , perpustakaan, dokumentasi dan informasi
c. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kegiatan di bidang perundang-undangan dan dokumentasi yang meliputi perundang-undangan , perpustakaan, dokumentasi dan informasi
d. Pemberian pelayanan kegiatan dibidang perundang-undangan dan dokumentasi yang meliputi perundang-undangan , perpustakaan, dokumentasi dan informasi
e. Pelaksanaan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA )dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
f. Penyusunan dan pelaksanaan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
g. Pelaksanaan sistem pengendalian intern ( SPI )
h. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
i. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Sub Bagian Perundang-Undangan dan Perpustakaan
Sub Bagian Perundang-Undangan dan Perpustakaan mempunyai tugas :
a. Mengumpulkan bahan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan di bidang perundang-undangan yang meliputi rancangan peraturan daerah, keputusan DPRD, keputusan Pimpinan DPRD dan keputusan Sekretaris DPRD dan perpustakaan
b. Menggoordinasikan pelaksanaan kegiatanan di bidang perundang-undangan yang meliputi rancangan peraturan daerah, keputusan DPRD, keputusan Pimpinan DPRD dan keputusan Sekretaris DPRD dan perpustakaan
c. Melaksanakan kegiatan dibidang perundang-undangan yang meliputi rancangan peraturan daerah, keputusan DPRD, keputusan Pimpinan DPRD dan keputusan Sekretaris DPRD dan perpustakaan
d. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dibidang perundang-undangan dan perpustakaan
e. melaksanakan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA )dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
f. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
g. melaksanakan sistem pengendalian intern ( SPI )
h. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
i. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Perundangan-undangan dan dokumentasi
2) Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi
 Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi mempunyai tugas :
a. Mengumpulkan bahan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan dibidang dokumentasi dan informaasi kegiatan DPRD.
b. Mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan di bidang dokumentasi dan informaasi kegiatan DPRD
c. Melaksanakan kegiatan dibidang dokumentasi dan informasi kegiatan DPRD
d. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dibidang dokumentasi dan informasi kegiatan DPRD
e. melaksanakan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA )dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
f. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
g. melaksanakan sistem pengendalian intern ( SPI )
h. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
i. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Perundangan-undangan dan dokumentasi
4. Bagian Keuangan
Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan anggaran, pembukuan dan pelaporan keuangan sekretariat DPRD
 Bidang Keuangan mempunyai fungsi :
a. Pelaksanaan penyusunan rencana kerja anggaran ( RKA )
b. Penyusunan dan pelakasanaan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA ) dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
c. Penyusunan penetapan kinerja ( PK )
d. Penggelolaan keuangan sekretariat DPRD dan DPRD
e. Pengurusan keuangan untuk kegiatan DPRD
f. Pelaksanaan adminitrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai
g. Pelaksanaan verefikasi surat pertanggungjawaban ( SPJ keuangan )
h. Penyusunan laporan keuangan
i. Penyusunan dan pelaksanaan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
j. Pelaksanaan sistem pengendalian intern ( SPI )
k. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi
l. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh sekretaris DPRD sesuai tugas pokok dan fungsinya
1) Sub Bagian Penyusunan Program dan Evaluasi
Sub bagian Penyusunan Program dan Evaluasi mempunyai tugas :
a. menyusun rencana strategis ( RENSTRA dan rencanakerja ( Renja )
b. menyusun rencana kerja anggaran ( RKA )
c. Penyusunan dan pelaksanaan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaraan ( DPPA )
d. menyusun penetapan kinerja ( PK )
e. menyusun laporan dan dokumentasi pelaksanaan program dan kegiatan
f. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP )
g. menyusun laporan akuntabilitas kinerjain stansi pemerintah (LAKIP)
h. menyusun laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP)
i. menyampaikan data hasil pembangunan dan informasilainya terkait layanan publik secara berkala melalui Web site pemerintah daerah
j. melaksanakan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
k. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
l. melaksanakan sistem pengendalian intern ( SPI )
m. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi
n. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian sesuai tugas pokok dan fungsinya
2) Sub Bagian Anggaran dan Perbendaharaan
 Sub Bagian Anggaran dan Perbendaharaan mempunyai tugas :
a. menyiapkan surat penyediaan dana ( SPD ) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan
b. melaksanakan penatausahaan keuangan sekretariat DPRD dan Anggota DPRD
c. meneliti terhadap buku kas penerimaan dan pengeluaran untuk mengetahui posisi kas sekretariat dan DPRD
d. melaksanakan verifikasi surat pertanggung jawaban ( SPJ keuangan)
e. menyusun dan menyampaikan laporan pengguna anggaran
f. menyusun dan enyampaikan laporan keuangan semesteran dan akhir tahun
g. meneliti terhadap laporan bendahara pengeluaran sekretariat DPRD
h. menyusun adminitrasi dan pelaksanaan pembayaran gaji pegawai
i. melaksanakan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA ) dan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran ( DPPA )
j. menyusun dan melaksanakan standart pelayanan publik ( SPP dan standart operasional dan prosedur ( SOP )
k. melaksanakan sistem pengendalian intern ( SPI )
l. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
m. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian sesuai tugas pokok dan fungsinya
Ditetapkan di Nganjuk
pada tanggal
BUPATI NGANJUK
.
H. NOVI RAHMAN HIDAYAT, S.Sos, M.M