Inspektur : Drs Lis Handoyo, MSi
Alamat : Jalan Jendral Sudirman, Nganjuk
Telepon : 0358 321111
Website : Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk

LAMPIRAN III.2
PERATURAN BUPATI NGANJUK
NOMOR 41 TAHUN 2016
TENTANG KEDUDUKAN DAN SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN NGANJUK
I. TUGAS POKOK 
Inspektorat mempunyai tugas membantu Bupati membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.
II. FUNGSI 
Inspektorat mempunyai fungsi :
a) perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
b) pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, review, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya;
c) pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Bupati;
d) penyusunan laporan hasil pengawasan
e) pelaksanaan administrasi inspektorat;
f) pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.
III. INSPEKTUR 
 Inspektur mempunyai tugas melakukan membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.
1. Sekretariat 
Sekretariat mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi pengawasan dan memberikan pelayanan administratif dan fungsional dilingkungan inspektorat Kabupaten.
Sekretariat mempunyai fungsi : 
a) penyiapan bahan koordinasi dan pengendalian rencana serta program kerja pengawasan;
b) penghimpunan, pengelolaan, penilaian dan penyimpanan laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional daerah;
c) penyusunan bahan data dalam rangka pembinaan teknis fungsional;
d) penyusunan, penginventarisasian dan pengkoordinasian serta data dalam rangka penatausahaan proses penanganan pengaduan;
e) pelaksanaan urusan kepegawaian, keuangan, surat-menyurat dan rumah tangga.
f) pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Inspektur sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Sub Bagian Perencanaan 
Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan penyusunan dan pengendalian rencana/ program kerja pengawasan;
b) menghimpun dan menyiapkan rancangan peraturan perundang-undangan, dokumentasi dan pengolahan data pengawasan;
c) mengelola urusan keuangan;
d) menyiapkan laporan dan statistik inspektorat;
e) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
2) Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan 
Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan penyusunan, menghimpun, mengolah, menilai dan menyiapkan laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional;
b) melakukan administrasi pengaduan masyarakat;
c) menyusun laporan kegiatan pengawasan;
d) menyusun statistik hasil pengawasan;
e) menyelenggarakan kerjasama pengawasan;
f) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
  3) Sub Bagian Administrasi dan Umum  
Sub Bagian Administrasi dan Umum mempunyai tugas :
a) melakukan pengelolaan urusan kepegawaian, penatausahaan surat menyurat dan kearsipan serta usrusan rumahtangga;
b) mengelola administrasi, inventairisasi dan analisis pelaporan;
c) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Sekretaris sesuai dengan tugasnya
2. Inspektur Pembantu Wilayah I 
Inspektur Pembantu Wilayah I mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan.
Inspektur Pembantu Wilayah I mempunyai fungsi : 
a) pengusulan program pengawasan di wilayah ;
b) pengkoordinasian pelaksanaan pengawasan ;
c) pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah;
d) pemeriksaaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan.
3. Inspektur Pembantu Wilayah II 
Inspektur Pembantu Wilayah II mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan.
Inspektur Pembantu Wilayah II mempunyai fungsi : 
a) pengusulan program pengawasan di wilayah ;
b) pengkoordinasian pelaksanaan pengawasan ;
c) pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah ;
d) pemeriksaaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan.
4. Inspektur Pembantu Wilayah III 
Inspektur Pembantu Wilayah III mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan.
  Inspektur Pembantu Wilayah III mempunyai fungsi : 
a) pengusulan program pengawasan di wilayah ;
b) pengkoordinasian pelaksanaan pengawasan ;
c) pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah ;
d) pemeriksaaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan.
5. Inspektur Pembantu Wilayah IV 
Inspektur Pembantu Wilayah IV mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan.
Inspektur Pembantu Wilayah IV mempunyai fungsi : 
a) pengusulan program pengawasan di wilayah ;
b) pengkoordinasian pelaksanaan pengawasan ;
c) pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah ;
d) pemeriksaaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan.