DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN NGANJUK  

Alamat : Jl. Merdeka 21 Nganjuk
Telp : 0358 3550320
Website : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Nganjuk
LAMPIRAN XIV.2
PERATURAN BUPATI NGANJUK
NOMOR 41 TAHUN 2016
TENTANG KEDUDUKAN DAN SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KABUPATEN NGANJUK
I. TUGAS POKOK 
Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah di bidang komunikasi dan informatika yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengelolaan, koordinasi dan mengendalikan seluruh kegiatan bidang komunikasi dan informatika.
FUNGSI 
Dinas Komunikasi dan informatika mempunyai fungsi :
a) perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di bidang Komunikasi dan informatika;
b) pelaksanaan, pembinaan umum, teknis dan operasional bidang komikasi dan informatika berdasarkan kebijakan dan peraturan perundang – undangan yang berlaku;
c) pelaksanaan kooordinasi antar badan/kantor/dinas dan unit kerja lainnya dalam rangka pelaksanaan di bidang komunikasi dan informatika;
d) pelaksanaan, pengawasan, pengendalian rencana dan program pembangunan di bidang komunikasi dan informatika;
e) pemrosesan dan pemberian izin untuk kegiatan yang berkaitan dengan bidang komunikasi dan informatika;
f) pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian, peralatan dan perlengkapan dinas;
g) pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang komunikasi dan informatika;
h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
I. KEPALA DINAS 
Kepala Dinas Komunikasi dan informatika mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, koordinasi, pengawasan, ketatausahan dan membagi tugas kegiatan bawahan dibidang komunikasi dan informatika.
1. Sekretariat
 Sekretariat Dinas mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyusunan program dan menyelenggarakan tugas-tugas bidang secara terpadu serta tugas pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten.
Sekretariat mempunyai fungsi :
a) penyusunan rencana program dan evaluasi kegiatan di bidang keuangan, kepegawaian, umum dan perlengkapan;
b) pengelolaan administrasi keuangan, kepegawaian, umum dan perlengkapan;
c) pengadaan dan pengadministrasian, inventarisasi perlengkapan;
d) pengoordinasian penyusunan program dan evaluasi;
e) pengoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu;
f) pelayanan administrasi;
g) pengelolaan barang milik/kekayaan daerah;
h) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
 1) Sub Bagian umum 
Sub Bagian Umum mempunyai tugas :
a) melaksanakan kegiatan ketatausahaan dan ketatalaksanaan.
b) melaksanakan pengelolaan urusan surat menyurat tata usaha kearsipan.
c) melaksanakan urusan kerumahtanggaan, perlengkapan dan keprotokolan.
d) mengurus administrasi perjalanan dinas dan tugas-tugas hubungan kemasyarakatan.
e) menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka menyusun rencana kebutuhan perlengkapan dinas ;
f) melakukan inventarisasi terhadap barang, peralatan dan perlengkapan dinas.
g) melakukan pengelolaan pemanfaatan, perawatan dan perbaikan terhadap peralatan dan perlengkapan dinas ;
h) melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian.
i) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2) Sub Bagian Pogram, Evaluasi dan Keuangan. 
Sub Bagian Pogram, Evaluasi dan Keuangan mempunyai tugas :
a) menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan anggaran;
b) menyusun rencana anggaran (RKA-SKPD dan DPA-SKPD);
c) melaksanakan pengelolaan keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
d) menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan pengelolaan keuangan;
e) menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan penyusunan rencana dan program;
f) menyusun rencana program kegiatan dinas;
g) melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan dinas;
h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2. Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik 
Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum, membina dan melaksanakan tugas di bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik.
 Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik mempunyai fungsi :
a) perumusan kebijakan teknis di bidang statistik dan pengelolaan informasi komunikasi publik;
b) penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang statistik dan pengelolaan informasi komunikasi publik;
c) pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang statistik dan pengelolaan informasi komunikasi publik;
d) pengelolaan statistik, peningkatan layanan informasi dan komunikasi publik dan hubungan media;
e) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Seksi Statistik dan Pengelolaan Informasi Publik 
Seksi Statistik dan Pengelolaan Informasi Publik mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis statistik dan pengelolaan informasi publik;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum statistik dan pengelolaan informasi publik;
c) mengelola opini dan aspirasi publik;
d) mengelola informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah kabupaten;
e) mengelola data base informasi publik dan statistik sektoral;
f) memproduksi dan mereproduksi informasi pemerintah kabupaten;
g) mengkoordinasikan lintas instansi dalam pemenuhan standar data statistik sektoral daerah;
h) membina dan mengembangkan data statistik sektoral daerah;
i) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik sesuai dengan tugasnya.
2) Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik
Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis pengelolaan komunikasi publik;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum pengelolaan komunikasi publik;
c) menyediakan konten lintas sektoral dan mengelola media komunikasi publik;
d) meningkatkan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan menyediakan akses informasi;
e) mengelola saluran komunikasi publik milik pemda dan non pemda;
f) menyusun strategi komunikasi publik;
g) melaksanakan audit komunikasi publik;
h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik sesuai dengan tugasnya.
3) Seksi Layanan Informasi Publik dan Hubungan Media
Seksi Layanan Informasi Publik dan Hubungan Media mempunyai tugas:
a) merumuskan kebijakan teknis layanan informasi publik dan hubungan media;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum layanan informasi publik dan hubungan media;
c) meningkatkan layanan informasi publik dan hubungan media;
d) mengembangkan kemitraan publik milik pemda dan non pemda;
e) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik sesuai dengan tugasnya.
3. Bidang Penyelenggaraan E-Government 
Bidang Penyelenggaraan E-Government mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum, membina dan melaksanakan tugas di bidang penyelenggaraan E-Government.
 Bidang Penyelenggaraan E-Government mempunyai fungsi :
a) perumusan kebijakan teknis dibidang penyelenggaraan e-government;
b) penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang penyelenggaraan E-Government;
c) pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang penyelenggaraan E-Government;
d) pengelolaan persandian, infrastruktur dan teknologi;
e) pengembangan dan pengelolaan data dan aplikasi;
f) penyelenggaraan layanan e-Government;
g) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Seksi Persandian, Infrastruktur dan Teknologi
Seksi Persandian, Infrastruktur dan Teknologi mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis persandian, infrastruktur dan teknologi;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum persandian, infrastruktur dan teknologi;
c) meningkatkan layanan infrastruktur dasar data center, disaster recovery center & TIK pemerintah;
d) meningkatkan layanan akses internet dan intranet;
e) meningkatkan layanan sistem komunikasi intra pemerintah kabupaten;
f) meningkatkan layanan persandian dan keamanan informasi e-Government;
g) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government sesuai dengan tugasnya.
2) Seksi Pengembangan, Pengelolaan Data dan Aplikasi 
 Seksi Pengembangan, Pengelolaan Data dan Aplikasi mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis pengembangan dan pengelolaan data dan aplikasi;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum pengembangan dan pengelolaan data dan aplikasi;
c) meningkatkan layanan manajemen data dan informasi e-government;
d) meningkatkan layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik & suplemen yang terintegrasi;
e) mengintegrasikan layanan publik dan kepemerintahan;
f) menyelenggarakan ekosistem TIK smart city;
g) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government sesuai dengan tugasnya.
3) Seksi Layanan E-Government 
Seksi Layanan E-Government mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis layanan e-government;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum layanan E-Government;
c) menyelenggarakan government chief information officer (GCIO) pemerintah;
d) meningkatkan kapasitas sumber daya TIK pemerintah kabupaten dan masyarakat;
e) mengelola layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan kabupaten;
f) memfasilitasi Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam layanan pengadaan secara elektronok (LPSE);
g) memfasilitasi penyedia barang/jasa dan pihak-pihak yang berkepentingan menjadi pengguna SPSE;
h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government sesuai dengan tugasnya.
BUPATI NGANJUK

ttd

TAUFIQURRAHMAN