DINAS PERUMAHAN RAKYAT, KAWASAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN : Ir. Jusuf Satrio Wibowo, MT

Alamat : Jl. Mastrip No.7 Nganjuk

Telp : -


LAMPIRAN XVII.2

PERATURAN BUPATI NGANJUK
NOMOR 41 TAHUN 2016
TENTANG KEDUDUKAN DAN SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN NGANJUK
I. TUGAS POKOK 
Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Nganjuk mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah di bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengelolaan, koordinasi dan mengendalikan seluruh kegiatan bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
II. FUNGSI 
Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman mempunyai fungsi :
a) perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;
b) pelaksanaan, pembinaan umum, teknis dan operasional bidang komikasi dan informatika berdasarkan kebijakan dan peraturan perundang – undangan yang berlaku;
c) pelaksanaan kooordinasi antar badan/kantor/dinas dan unit kerja lainnya dalam rangka pelaksanaan di bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;
d) pelaksanaan, pengawasan, pengendalian rencana dan program pembangunan di bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;
e) pemrosesan dan pemberian izin untuk kegiatan yang berkaitan dengan bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;
f) pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian, peralatan dan perlengkapan dinas;
g) pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;
h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
III. KEPALA DINAS 
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, koordinasi, pengawasan, ketatausahan dan membagi tugas kegiatan bawahan dibidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
1. Sekretariat
 Sekretariat Dinas mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyusunan program dan menyelenggarakan tugas-tugas bidang secara terpadu serta tugas pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten.
Sekretariat mempunyai fungsi :
a) penyusunan rencana program dan evaluasi kegiatan di bidang keuangan, kepegawaian, umum dan perlengkapan;
b) pengelolaan administrasi keuangan, kepegawaian, umum dan perlengkapan;
c) pengadaan dan pengadministrasian, inventarisasi perlengkapan;
d) pengoordinasian penyusunan program dan evaluasi;
e) pengoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu;
f) pelayanan administrasi;
g) pengelolaan barang milik/kekayaan daerah;
h) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
1) Sub Bagian umum
Sub Bagian Umum mempunyai tugas :
a) melaksanakan kegiatan ketatausahaan dan ketatalaksanaan.
b) melaksanakan pengelolaan urusan surat menyurat tata usaha kearsipan.
c) melaksanakan urusan kerumahtanggaan, perlengkapan dan keprotokolan.
d) mengurus administrasi perjalanan dinas dan tugas-tugas hubungan kemasyarakatan.
e) menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka menyusun rencana kebutuhan perlengkapan dinas ;
f) melakukan inventarisasi terhadap barang, peralatan dan perlengkapan dinas.
g) melakukan pengelolaan pemanfaatan, perawatan dan perbaikan terhadap peralatan dan perlengkapan dinas ;
h) melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian.
i) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2) Sub Bagian Pogram, Evaluasi dan Keuangan. 
Sub Bagian Pogram, Evaluasi dan Keuangan mempunyai tugas :
a) menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan anggaran;
b) menyusun rencana anggaran (RKA-SKPD dan DPA-SKPD);
c) melaksanakan pengelolaan keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
d) menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan pengelolaan keuangan;
e) menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan penyusunan rencana dan program;
f) menyusun rencana program kegiatan dinas;
g) melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan dinas;
h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2. BIDANG PERUMAHAN RAKYAT 
Bidang Perumahan Rakyat mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang perumahan rakyat.
Bidang Perumahan Rakyat mempunyai fungsi : 
a) menyususun dan menetapkan norma, standar, pedoman dan manual (NSPM) di bidang perumahan rakyat;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang perumahan rakyat;
c) melakukan pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perumahan rakyat yang meliputi penetapan kebijakan strategis, pengelolaan dan pemeliharaan perumahan rakyat;
d) melakukan koordinasi, pengawasan dan pengendalian pembangunana perumahan rakyat;
e) memberikan rekomendasi izin pembangunan perumahan;
f) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Seksi Perumahan Formal 
Seksi Perumahan Formal mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan penyusunan dan penyiapan norma, standar, pedoman dan manual (NSPM) dibidang pembangunan dan pemeliharaan perumahan formal, rumah susun sewa dan rumah khusus lainnya;
b) melaksanakan sosialisasi kebijakan, strategi, program dan norma, standar, pedoman dan manual (NSPM) di bidang pembangunan dan pemeliharaan perumahan formal, rumah susun sewa dan rumah khusus lainnya;
c) menyusun rencana program dan kegiatan di bidang pembangunan dan pemeliharaan perumahan formal, rumah susun sewa dan rumah khusus lainnya;
d) melaksanakan program dan kegiatan di bidang pembangunan dan pemeliharaan perumahan formal, rumah susun sewa dan rumah khusus lainnya;
e) melaksanakan koordinasi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan di bidang pembangunan dan pemeliharaan perumahan formal, rumah susun sewa dan rumah khusus lainnya;
f) melaksanakan pengawasan dan pengendalian di bidang pembangunan dan pemeliharaan perumahan formal, rumah susun sewa dan rumah khusus lainnya;
g) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perumahan Rakyat sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2) Seksi Perumahan Swadaya 
Seksi Perumahan Swadaya mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan penyusunan norma, standar, pedoman dan manual (NSPM) di bidang pembangunan dan perbaikan rumah swadaya;
b) melaksanakan sosialisasi kebijakan, strategi, program dan norma, standar, pedoman dan manual (NSPM) bidang pembangunan dan perbaikan rumah swadaya;
c) menyusun rencana program dan kegiatan di bidang pembangunan dan perbaikan rumah swadaya;
d) melaksanakan program dan kegiatan di bidang pembangunan dan perbaikan rumah swadaya;
e) melaksanakan koordinasi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan di bidang pembangunan dan perbaikan rumah swadaya;
f) memberikan bimbingan teknis dan pendampingan kepada masyarakat dalam pembangunan dan perbaikan rumah swadaya;
g) mengumpulkan data dan inventarisasi perumahan swadaya dan backlog perumahan;
h) melaksanakan bantuan pembangunan, perbaikan dan fasilitasi lainnya di bidang perumahan akibat bencana alam dan bencana sosial;
i) melaksanakan pengawasan dan pengendalian di bidang pembangunan dan perbaikan rumah swadaya;
j) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perumahan Rakyat sesuai dengan tugas dan fungsinya.
3) Seksi Sarana, Prasarana dan Utilitas 
 Seksi Sarana, Prasarana dan Utilitas mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan penyusunan norma, standar, pedoman dan manual (NSPM) di bidang pembangunan prasaran, sarana dan utilitas perumahan;
b) melaksanakan sosialisasi kebijakan, strategi, program dan norma standar pedoman dan manual (NSPM) bidang pembangunan prasaran, sarana dan utilitas perumahan;
c) menyusun rencana program dan kegiatan di bidang pembangunan prasaran, sarana dan utilitas perumahan;
d) melaksanakan program dan kegiatan di bidang pembangunan prasaran, sarana dan utilitas perumahan;
e) melaksanakan koordinasi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan di bidang pembangunan prasaran, sarana dan utilitas perumahan;
f) melaksanakan pengawasan dan pengendalian di bidang pembangunan prasaran, sarana dan utilitas perumahan;
g) mengumpulkan data dan inventarisasi aset pemda di bidang pembangunan prasaran, sarana dan utilitas perumahan;
h) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perumahan Rakyat sesuai dengan tugas dan fungsinya.
3. Bidang Pemukiman dan Pertanahan 
Bidang Pemukiman dan Pertanahan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang pemukiman dan pertanahan.
 Bidang Pemukiman dan Pertanahan mempunyai fungsi :
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang pemukiman dan pertanahan;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang pemukiman dan pertanahan;
c) melakukan pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pemukiman dan pertanahan yang meliputi penetapan kebijakan strategis, pengelolaan, pemeliharaan, penyehatan lingkungan permukiman dan drainase, permukiman kumuh dan air bersih serta pengadaan dan pemanfaatan lahan;
d) memberikan izin rekomendasi penyelenggaraan, pengembangan sistim penyediaaan air minum dan prasarana sarana air limbah, serta pemanfaatan lahan;
e) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Seksi Permukiman 
Seksi Permukiman mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan penyusunan norma standar pedoman dan manual (NSPM) di bidang pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan drainase lingkungan, jalan lingkungan dan prasarana dasar permukiman lainnya;
b) melaksanakan sosialisasi kebijakan, strategi, program dan norma standar pedoman dan manual (NSPM) bidang pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan drainase lingkungan, jalan lingkungan dan prasarana dasar permukiman lainnya;
c) menyusun rencana program dan kegiatan di bidang pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan drainase lingkungan, jalan lingkungan dan prasarana dasar permukiman lainnya;
d) melaksanakan program dan kegiatan di bidang pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan drainase lingkungan, jalan lingkungan dan prasarana dasar permukiman lainnya;
e) melaksanakan koordinasi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan di bidang pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan drainase lingkungan, jalan lingkungan dan prasarana dasar permukiman lainnya;
f) memberikan bimbingan teknis dan pendampingan kepada kecamatan, desa/kelurahan dan kelompok masyarakat dalam bidang pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan drainase lingkungan, jalan lingkungan dan prasarana dasar permukiman lainnya;
g) melaksanakan pengawasan dan pengendalian di bidang pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan drainase lingkungan, jalan lingkungan dan prasarana dasar permukiman lainnya;
h) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pemukiman dan Pertanahan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2) Seksi Penyehatan Lingkungan dan Penyediaan Air Bersih
 Seksi Penyehatan Lingkungan dan Penyediaan Air Bersih mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan penyusunan norma standar pedoman dan manual (NSPM) di bidang penyehatan lingkungan (Air limbah dan sanitasi), penyediaan air bersih dan penanganan kawasan kumuh;
b) melaksanakan sosialisasi kebijakan, strategi, program dan norma standar pedoman dan manual (NSPM) bidang penyehatan lingkungan (air limbah dan sanitasi), penyediaan air bersih dan penanganan kawasan kumuh;
c) menyusun rencana program dan kegiatan di bidang penyehatan lingkungan(air limbah dan sanitasi) , penyediaan air bersih dan penanganan kawasan kumuh;
d) melaksanakan program dan kegiatan di bidang penyehatan lingkungan (air limbah dan sanitasi), penyediaan air bersih dan penanganan kawasan kumuh;
e) melaksanakan koordinasi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan di bidang penyehatan lingkungan (air limbah dan sanitasi), penyediaan air bersih dan penanganan kawasan kumuh;
f) memberikan bimbingan teknis dan pendampingan kepada kecamatan, desa/kelurahan dan kelompok masyarakat dalam bidang penyehatan lingkungan (air limbah dan sanitasi), penyediaan air bersih dan penanganan kawasan kumuh;
g) melaksanakan pengawasan dan pengendalian di bidang penyehatan lingkungan (air limbah dan sanitasi), penyediaan air bersih dan penanganan kawasan kumuh;
h) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pemukiman dan Pertanahan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
3) Seksi Pertanahan
 Seksi Pertanahan mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan penyusunan norma, standar, pedoman dan manual (NSPM) di bidang pengadaan dan pemanfaatan tanah untuk pembangunan perumahan formal, rumah susun sewa, rumah swadaya, tempat pemakaman umum, dan prasarana dasar perumahan/pemukiman lainnya;
b) melaksanakan sosialisasi kebijakan, strategi, program dan norma standar pedoman dan manual (nspm) di bidang pengadaan dan pemanfaatan tanah untuk pembangunan perumahan formal, rumah susun sewa, rumah swadaya, termpat pemakaman umum, dan prasarana dasar perumahan/pemukiman lainnya;
c) menyusun rencana program dan kegiatan di bidang pengadaan dan pemanfaatan tanah untuk pembangunan perumahan formal, rumah susun sewa, rumah swadaya, termpat pemakaman umum, dan prasarana dasar perumahan/pemukiman lainnya;
d) melaksanakan program dan kegiatan di bidang pengadaan dan pemanfaatan tanah untuk pembangunan perumahan formal, rumah susun sewa, rumah swadaya, termpat pemakaman umum, dan prasarana dasar perumahan/pemukiman lainnya;
e) melaksanakan koordinasi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan di bidang pengadaan dan pemanfaatan tanah untuk pembangunan perumahan formal, rumah susun sewa, rumah swadaya, tempat pemakaman umum, dan prasarana dasar perumahan/pemukiman lainnya;
f) melaksanakan kerjasama dengan pihak swasta dan stake holder terkait dalam rangka penyediaan dan pemanfaatan tanah untuk pembangunan perumahan formal, rumah susun sewa, rumah swadaya, tempat pemakaman umum, dan prasarana dasar perumahan/pemukiman lainnya;
g) melaksanakan pengawasan dan pengendalian di bidang pengadaan dan pemanfaatan tanah untuk pembangunan perumahan formal, rumah susun sewa, rumah swadaya, tempat pemakaman umum, dan prasarana dasar perumahan/pemukiman lainnya;
h) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pemukiman dan Pertanahan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BUPATI NGANJUK

ttd

TAUFIQURRAHMAN