DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN : Dra. RR. Heni Rochtanti, MM

Alamat : Jl. Prof. RI Gondo Wardoyo, SH No.12 Nganjuk

Telp : 0358 321376


LAMPIRAN XII.2

PERATURAN BUPATI NGANJUK
NOMOR 41 TAHUN 2016
TENTANG KEDUDUKAN DAN SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN NGANJUK
I. TUGAS POKOK 
Dinas Perindustrian dan Perdagangan mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah di bidang Perindustrian dan Perdagangan.
II. FUNGSI 
Dinas Perindustrian dan Perdagangan mempunyai fungsi :
a) perumusan kebijakan teknis dibidang Perindustrian dan Perdagangan;
b) pelaksanaan kebijakan teknis urusan pemerintahan di bidang Perindustrian dan Perdagangan;
c) pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang Perindustrian dan Perdagangan;
d) pelaksanaan administrasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
e) pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
III. KEPALA DINAS 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, melaksanakan kebijakan teknis, evaluasi dan pelaporan serta melaksanakan tugas di bidang Perindustrian dan Perdagangan.
1. Sekretariat
Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyusunan program dan penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu dan tugas pelayanan administratif.
Sekretariat mempunyai fungsi :
a. pengoordinasian penyusunan program dan evaluasi;
b. pengoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu;
c. pelayanan administrasi;
d. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Sub Bagian Umum
Sub Bagian Umum mempunyai tugas :
a) melaksanakan kegiatan ketatausahaan dan ketatalaksanaan;
b) melaksanakan urusan kerumahtanggaan, perlengkapan dan keprotokolan;
c) melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian;
d) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
2) Sub Bagian Keuangan
Sub Bagian Keuangan mempunyai Tugas :
a) menyiapkan bahan dan data untuk penyusunan anggaran;
b) menyusun rencana anggaran (RKA-SKPD dan DPA-SKPD);
c) melaksanakan tertib administrasi keuangan;
d) menyusun laporan keuangan;
e) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
3) Sub Bagian Program dan Evaluasi
Sub Bagian Program dan Evaluasi mempunyai tugas :
a) melaksanakan koordinasi penyusunan program kegiatan;
b) melaksanakan penyusunan program kegiatan;
c) melaksanakan penyusunan laporan kegiatan;
d) melaksanakan evaluasi pelaksanaan program;
e) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
2. Bidang Perindustrian  
Bidang Perindustrian mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, menyelenggarakan urusan pemerintah dan pelayanan umum, membina dan melaksanakan tugas di bidang Perindustrian.
Bidang Perindustrian mempunyai fungsi : 
a. perumusan kebijakan teknis di bidang perindustrian;
b. penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang perindustrian;
c. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perindustrian;
d. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala dinas perindustrian dan perdagangan daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Seksi Data, Sistem Informasi dan Bina Lingkungan Industri
Seksi Data, Sistem Informasi dan Bina Lingkungan Industri mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang data sistem informasi dan bina lingkungan industri;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang data, sistem informasi dan bina lingkungan industri;
c) membina dan melaksanakan tugas di bidang data, sistem informasi dan bina lingkungan industri;
d) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perindustrian sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2) Seksi Pengembangan Industri
Seksi Pengembangan Industri mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang pengembangan industri;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Pengembangan Industri;
c) membina dan melaksanakan tugas di bidang Pengembangan Industri;
d) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perindustrian sesuai dengan tugas dan fungsinya.
3) Seksi Penyuluhan dan Pengawasan Industri
Seksi Penyuluhan dan Pengawasan Industri mempunyai tugas:
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang penyuluhan dan pengawasan industri;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang penyuluhan dan pengawasan industri;
c) membina dan melaksanakan tugas di bidang penyuluhan dan pengawasan industri;
d) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perindustrian sesuai dengan tugas dan fungsinya.
3. Bidang Perdagangan
Bidang Perdagangan mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, menyelenggarakan urusan pemerintah dan pelayanan umum, membina dan melaksanakan tugas di bidang perdagangan.
 Bidang Perdagangan mempunyai fungsi :
a. perumusan kebijakan teknis di bidang perdagangan;
b. penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang perdagangan;
c. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perdagangan;
d. pemberian rekomendasi izin usaha perdagangan;
e. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah sesuai denga tugas dan fungsinya.
1) Seksi Perlindungan Konsumen
Seksi Perlindungan Konsumen mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang perlindungan konsumen;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang perlindungan konsumen;
c) membina dan melaksanakan tugas di bidang perlindungan konsumen;
d) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perdagangan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2) Seksi Bina Usaha
Seksi Bina Usaha mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang Bina Usaha;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Bina Usaha;
c) membina dan melaksanakan tugas di bidang Bina Usaha;
d) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perdagangan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
3) Seksi Promosi Dagang
Seksi Promosi Dagang mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang promosi dagang;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang promosi dagang;
c) membina dan melaksanakan tugas di bidang promosi dagang;
d) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh kepala bidang perdagangan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
4. Bidang Metrologi
Bidang Metrologi Mempunyai Tugas merumuskan kebijakan Teknis, menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum, membina dan melaksanakan tugas di bidang Metrologi.
Bidang Metrologi mempunyai fungsi :
a. perumusan kebijakan teknis di Bidang Metrologi;
b. penyelenggaraan urusan pemerintahan, Pelayanan Tera dan atau Tera Ulang Ukuran Takaran Timbangan dan Perlengkapannya serta Pelayanan Kemetrologian Lainnya;
c. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Metrologi;
d. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar sesuai dengan bidang tugasnya;
1. Seksi Ukuran Takaran Timbangan dan Perlengkapannya. 
Seksi Ukuran Takaran Timbangan dan Perlengkapannya mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan , pelayanan tera dan/atau tera ulang ukuran takaran timbangan dan perlengkapannya serta pelayanan kemetrologian lainnya kemetrologian di bidang ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya;
c) membina dan melaksanakan tugas di bidang ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya;
d) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh kepala bidang metrologi sesuai dengan tugas dan fungsinya;
2. Seksi Sarana dan Pemeliharaan. 
Seksi Sarana dan Pemeliharaan Standar mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan perencanaan program kerja kegiatan perkembangan sarana dan prasarana kemetrologian;
b) memelihara standar kerja dan standar laboratorium kemetrologian;
c) merencanakan pengembangan sumber daya, sarana dan prasarana pelayanan kemetrologian;
d) merencanakan kebutuhan, mendistribusikan dan monitor serta evaluasi cap tanda tera;
e) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Metrologi sesuai dengan tugas dan fungsinya;
3. Seksi Pengawasan dan Penyuluhan. 
Seksi Pengawasan dan Penyuluhan mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan perencanaan dan melaksanakan pengawasan terhadap ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya serta barang dalam keadaan terbungkus;
b) melaksanakan fasilitasi dan koordinasi penyelenggaraan pengawasan terhadap ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya serta barang dalam keadaan terbungkus;
c) melaksanakan kegiatan ukur ulang kebenaran ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya serta barang dalam keadaan terbungkus;
d) melaksanakan monitoring, evaluasi pertumbuhan perkembangan ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya serta barang dalam keadaan terbungkus;
e) melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada pembuat, importer dan reparatir ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya serta barang dalam keadaan terbungkus yang benar kepada konsumen;
f) menyiapkan dan menyusun konsep leafet, brosur dan penyuluhan kemetrologian melalui media cetak maupun elektronik;
g) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Metrologi sesuai dengan tugas dan fungsinya;
5. Bidang Pasar
         Bidang Pasar mempunyai fungsi :
a) perumusan kebijakan teknis di bidang pasar;
b) penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang pasar;
c) pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pasar;
d) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan sesuai denga tugas dan fungsinya
1) Seksi Pengelolaan Pasar  
Seksi Pengelolaan Pasar mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang pengelolaan pasar;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang pengelolaan pasar;
c) membina dan melaksanakan tugas di bidang pengelolaan pasar;
d) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pasar sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2) Seksi Pendapatan Pasar   
Seksi Pendapatan Pasar mempunyai tugas :
a) merumuskan kebijakan teknis di bidang pendapatan pasar ;
b) menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang pendapatan pasar ;
c) membina dan melaksanakan tugas di bidang pendapatan pasar;
d) melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pasar sesuai dengan tugas dan fungsinya.
BUPATI NGANJUK
             ttd
TAUFIQURRAHMAN
I. TUGAS POKOK
Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah
II. FUNGSI
Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah mempunyai fungsi :
a. Perumusan kebijakan teknis di bidang Perumusah kebijakan teknis di bidang Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah
b. Penyelengeraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah.
III. KEPALA DINAS
      Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, menyelenggaralkan urusan pemerintahan daerah, membina dan melaksanakan tugas di bidang Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah
1. Sekretariat
Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyusunan program dan penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu dan tugas pelayanan administratif.
Sekretariat mempunyai fungsi :
a. pengoordinasian penyusunan program dan evaluasi;
b. pengoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu;
c. pelayanan administrasi;
d. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Sub Bagian Umum
Sub Bagian Umum mempunyai tugas :
a) melaksanakan kegiatan ketatausahaan dan ketatalaksanaan;
b) melaksanakan urusan kerumahtanggaan, perlengkapan dan keprotokolan;
c) melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian;
d) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
2) Sub Bagian Keuangan
Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan dan data untuk penyusunan anggaran;
b) menyusun rencana anggaran (RKA-SKPD dan DPA-SKPD);
c) melaksanakan tertib administrasi keuangan;
d) menyusun laporan keuangan;
e) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
3) Sub Bagian Program dan Evaluasi
 Sub Bagian Program dan Evaluasi mempunyai tugas :
a) melaksanakan koordinasi penyusunan program kegiatan;
b) melaksanakan penyusunan program kegiatan;
c) melaksanakan penyusunan laporan kegiatan;
d) melaksanakan evaluasi pelaksanaan program;
e) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
4. Bidang Pemberdayaan Koperasi
Bidang Pemberdayaan Koperasi mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, menyelenggarakan urusan pemeerintahan dan pelayanan umum , membina dan melaksankan tugas di bidang koperasi.
 Bidang Pemberdayaan Koperasi mempunyai fungsi :
a. Mengkoordinasikan pelaksanaan pemberdayaan kopearsi
b. Mengkoordinisr perluasan akses pembiayaan/permodalan bagi koperasi
c. Mempromosikan akses pasar bagi produk koperasi di dalam dan luar negeri
d. Mengkordinasikan pelaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis bagi koperasi
e. Mengkoordinasikan kemitraan antar koperasi dan badan usaha lainnya
f. Mengkoordinasikan pelaksanaan pendidikan dan latihan bagi perangkat organisasi koperasi
g. Mengkordinasikan pelaksnaan perlindungan koperasi
h. Mengkordinasikan pelaksanaan kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemberdayaan koperasi
i. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah sesuai denga tugas dan fungsinya
4) Seksi Kelembagaan Koperasi
Seksi Kelembagaan Koperasi mempunyai tugas :
a) Menganalisa berkas pembentukan koperasi dan perubahan anggaran dasar koperasi
b) Menganalisa berkas pembubaran koperasi
c) Mengusulkan pendirian, penggabungan, dan pembubaran koperasi ke Kementerian Koperasi dan UKM RI.
d) Merencanakan bimbingan dan penyuluhan dalam pembuatan laporan tahunan koperasi
e) Menganalisis dokumen permohonan ijin usaha simpan pinjam
f) Menganalisis dokumen ijin pembukaan kantor cabang, cabang pembantu dan kantor kas
g) Melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis bagi koperasi
h) Menganalisa data dan jumlah koperasi aserta koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam yang akurat.
i) Merencakan kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemberdayaan koperasi
j) Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi sesuai dengan tugasnya.
5) Seksi Fasilitasi Usaha Koperasi
Seksi Fasilitasi Usaha Koperasi mempunyai tugas :
a) Merencanakan pelaksanaan pemberdayaan koperasi
b) Membuat konsep kemitraan antara koperasi dan badan usaha lainnya
c) Menyiapkan bahan penyusunan pedoman teknis fasilitasi pembiayaan koperasi
d) Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pengembangan organisasi usaha simpan pinjam
e) Melaksanakan fasilitasi permodalan, kemitraan/linkage program lembaga perbankan dan non perbankan dengan koperasi.
f) Melaksanakan fasilitasi kredit perbankan, penjaminan kredit, asuransi, anjak piutang dan securitisasi asset koperasi
g) Melaksanakan fasilitasi pengembangan pembiayaan modal pernyertaan, penerbitan surat utang dan modal ventura koperasi, serta
h) Mengembangkan dan mempromosikan akses pasar bagi produk koperasi.
i) Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang. Pemberdayaan Koperasi sesuai dengan tugasnya.
6) Seksi Pengawasan Koperasi
Seksi Pengawasan Koperasi mempunyai tugas :
a) Menyiapkan bahan pelaksanaan bimbingan pengawasan, akuntabilitas, kepatuhan dan audit koperasi
b) Melaksanakan monitoring, evaluasi, pelaporan, pemeringkatan koperasi dan penilaian kesehatan usaha simpan pinjam
c) Melaksanakan penerapan akuntabilitas koperasi
d) Melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan kelembagaan dan usaha simpan pinjam koperasi
e) Melaksanakan pemantauan, analisa, penindakan dan kepatuhan
f) Melaksanakan penerapan menejemen kelembagaan dan sanksi pada koperasi
g) Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang
Pemberdayaan Koperasi sesuai dengan tugasnya.
5. Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro
Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, menyelenggarakan urusan pemeerintahan dan pelayanan umum , membina dan melaksankan tugas di bidang usaha mikro.
Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro mempunyai fungsi :
a) Mengkoordinasikan pemberdayaan dan perlindungan Usaha Mikro
b) Mempromosikan akses pasar bagi produk usaha mikro di dalam dan luar daerah
c) Mengkoordinasikan pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemberdayaan usaha mikro
d) Mengkoordinasikan pendataan ijin usaha mikro
e) Mengkoordinasikan pengembangan usaha mikro dengan orientasi peningkatan skala usaha mikro menjadi usaha kecil dan
f) Mengkoordinasikan pengembangan kewirausahaan.
g) Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Daerah sesuai denga tugas dan fungsinya
 Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro mempunyai 2 (dua) seksi sebagai berikut :
1) Seksi Fasilitasi Usaha Mikro
Seksi Fasilitasi Usaha Mikro mempunyai tugas :
a) Merancang akses pasar bagi produk usaha mikro baik di dalam daerah maupun di luar daerah
b) Menganalisa data Ijin Usaha Mikro (IUM)
c) Melaksanakan fasilitasi kredit perbankan bagi usaha mikro
d) Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang. Pemberdayaan Usaha Mikro sesuai dengan tugasnya
2) Seksi Pengembangan, Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro
 Seksi Pengembangan, Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro mempunyai tugas :
a) Mengembangkan pemberdayaan dan perlindungan Usaha Mikro
b) Merencanakan pengembangan Usaha Mikro dengan orientasi peningkatan skala usaha mikro menjadi usaha kecil
c) Merencanakan pengembangan kewirausahaan
d) Merencanakan kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemberdayaan usaha mikro
e) Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang. Pemberdayaan Usaha Mikro sesuai dengan tugasnya