BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH : Drs. Sudrajat, MM

Alamat : Jl. Basuki Rahmad No.1 Nganjuk

Telp : 0358 321746 Ps.115


LAMPIRAN XXVI.2

PERATURAN BUPATI NGANJUK
NOMOR 41 TAHUN 2016
TENTANG KEDUDUKAN DAN SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN NGANJUK
I. TUGAS POKOK 
Badan Kepegawaian Daerah mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah di bidang Kepegawaian.
II. FUNGSI 
Badan Kepegawaian Daerah mempunyai fungsi :
a) perumusan kebijakan teknis di bidang Kepegawaian;
b) pelaksanaan kebijakan teknis urusan pemerintahan di bidang Kepegawaian;
c) pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang Kepegawaian ;
d) pelaksanaan administrasi Badan Kepegawaian Daerah;
e) pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
III. KEPALA DINAS 
Kepala Badan Kepegawaian Daerah mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, melaksanakan kebijakan teknis, evaluasi dan pelaporan serta melaksanakan tugas di bidang Kepegawaian.
1. Sekretariat 
Sekretariat mempunyai tugas membantu kepala dinas melaksanakan pengelolaan urusan keuangan , kepegawaian, laporan, tata persuratan, perlengkapan dan rumah tangga.
Sekretariat mempunyai fungsi : 
a. pelaksanaan urusan keuangan;
b. pelaksanaan urusan kepegawaian;
c. penyusunan laporan;
d. pelaksanaan urusan tata persuratan;
e. pelaksanaan urusan perlengkapan dan rumah tangga;
f. pengkoordinasian dan sinkronisasi penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan;
g. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Sub Bagian Umum
Sub Bagian Umum mempunyai tugas :
a) melaksanakan kegiatan ketatausahaan dan ketatalaksanaan;
b) melaksanakan urusan kerumahtanggaan, perlengkapan dan keprotokolan;
c) melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian;
d) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
2) Sub Bagian Program, Evaluasi dan Keuangan 
Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :
a. menyiapkan bahan dan data untuk penyusunan anggaran;
b. menyusun rencana anggaran (RKA-SKPD dan DPA-SKPD);
c. melaksanakan tertib administrasi keuangan;
d. menyusun laporan keuangan;
e. melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi;
f. melaksanakan koordinasi penyusunan program kegiatan;
g. melaksanakan penyusunan Rencana Strategis (Renstra), Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Laporan Pertanggungjawaban Kinerja Dinas (LKPJ) dan Penyusunan Laporan Pelaksanaan Program Daerah (LPPD);
h. melaksanakan penyusunan laporan program/kegiatan;
i. melaksanakan Koordinasi dan sinkronisasi;
j. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
1. Bidang Pengadaan dan Mutasi 
 Bidang Pengadaan dan Mutasi mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, membina, dan melaksanakan tugas di bidang pengadaan dan mutasi.
Bidang Pengadaan dan Mutasi mempunyai fungsi : 
a. perumusan kebijakan teknis di bidang pengadaan dan mutasi;
b. pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang pengadaan dan mutasi;
c. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pengadaan dan mutasi;
d. pelaksanaan koordinasi dan pertimbangan dengan TIM PAK tenaga fungsional dalam rangka penetapan angka kredit tenaga fungsional;
e. pelaksanaan penyaringan calon Praja IPDN;
f. penyelenggaraan ujian dinas;
g. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Sub Bidang Mutasi  
Sub Bidang Mutasi mempunyai tugas :
a) melaksanakan pengelolaan administrasi pengangkatan menjadi PNS;
b) melaksanakan pengelolaan administrasi kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, penambahan masa kerja dan mutasi pegawai;
c) melaksanakan koordinasi dan pertimbangan dengan TIM PAK tenaga fungsional dalam rangka penetapan angka kredit tenaga fungsional;
d) melaksanakan assesment center bagi pejabat atau calon pejabat yang akan menduduki suatu jabatan;
e) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi sesuai dengan tugasnya.
2) Sub Bidang Pengadaan dan Pensiun
Sub Bidang Pengadaan dan Pensiun mempunyai tugas :
a) menyiapkan bahan persiapan pengadaan pegawai;
b) menyiapkan bahan kelengkapan administrasi pengusulan pensiun pegawai;
a) melaksanakan pengelolaan administrasi pengangkatan CPNS;
b) melaksanakan seleksi calon Praja IPDN;
c) melaksanakan pengelolaan administrasi paegawai yang akan melaksanakan tugas belajar/ ijin belajar;
d) menyiapkan bahan pelaksanaan ujian dinas;
a) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi sesuai dengan tugasnya.
2. Bidang Pendidikan dan Pelatihan 
   Bidang Pendidikan dan Pelatihan mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, membina, dan melaksanakan tugas di bidang pendidikan dan pelatihan.
Bidang Pendidikan dan Pelatihan mempunyai fungsi : 
a. perumusan kebijakan teknis di bidang pendidikan dan pelatihan;
b. pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang pendidikan dan pelatihan;
c. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pendidikan dan pelatihan;
d. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Sub Bidang Diklat Kepemimpinan/Kader 
Sub Bidang Diklat Kepemimpinan/Kader mempunyai tugas :
a) memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang diklat kepemimipinan/kader;
b) melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi pegawai negeri sipil daerah;
c) melaksanakan pendidikan dan pelatihan prajabatan bagi calon pegawai negeri sipil daerah;
d) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan sesuai dengan tugasnya.
2) Sub Bidang Diklat Teknis dan Fungsional
 Sub Bidang Diklat Teknis dan Fungsional mempunyai tugas :
a) memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang diklat teknis fungsional;
b) melaksanakan pendidikan dan pelatihan diklat teknis dan fungsional;
c) melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan sesuai dengan tugasnya.
  3. Bidang Pengendalian dan Pembinaan Pegawai 
Bidang Pengendalian dan Pembinaan Pegawai mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, membina, dan melaksanakan tugas di bidang pengendalian dan pembinaan pegawai.
  Bidang Pengendalian dan Pembinaan Pegawai mempunyai fungsi :
a. penyiapan perumusan bahan kebijakan teknis di bidang pengendalian dan pembinaan pegawai, serta data dan informasi kepegawaian;
b. pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang pengendalian dan pembinaan pegawai, serta data dan informasi kepegawaian ;
c. penyiapan perumusan bahan kebijakan teknis pengembangan sistem informasi pegawai;
d. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pengendalian dan pembinaan pegawai;
e. pemberian izin : perkawinan dan perceraian PNS dan izin PNS mencalonkan menjadi kepala daerah/ wakil kepala daerah/ kepala desa/ perangkat desa;
f. merumuskan kebijakan pemberhentian sementara pegawai dari jabatan negeri/ organic, pemberhentian pegawai akibat tindak pidana;
g. pemberian pertimbangan pernyataan tewas dan uang duka tewas tunjangan cacat;
h. pemberian pertimbangan pemeriksaan ulang kesehatan PNS;
i. pelaksanaan tugas .dinas lain yang diberikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
1) Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai 
Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai mempunyai tugas:
a) memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang pembinaan dan kesejahteraan pegawai
b) melaksanakan pembinaan dan kesejahteraan pegawai yang meliputi disiplin/ pelanggaran pegawai dan pemberian tambahan penghasilan pegawai negeri sipil (TPP);
c) memproses izin : perkawinan dan perceraian PNS dan izin PNS mencalonkan menjadi kepala daerah/ wakil kepala daerah/ kepala desa/ perangkat desa;
d) menyiapkan proses pelaksanaan sumpah PNS, pemberian penghargaan PNS dan izin cuti PNS;
e) Memproses pemberhentian sementara pegawai dari jabatan/ organic, pemberhentian pegawai akibat tindak pidana;
f) menyiapkan bahan pertimbangan pernyataan tewas dan uang duka tewas dan tunjangan cacat;
g) memberikan pelayanan proses pembuatan KARIS/ KARSU/ KARPEG;
h) melaksanakan pemeriksaan ulang kesehatan PNS;
i) melaksanakan tugas-tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pembinaan Pegawai sesuai dengan tugasnya.
2) Sub Bidang Dokumentasi dan Informasi Pegawai  
Sub Bidang Dokumentasi dan Informasi Pegawai mempunyai tugas :
a. mengumpulkan dan mengolah data dalam rangka penyusunan data pegawai dan Informasi Kepagawaian;
b. melaksanakan Pengembangan Sistem Manajemen Informasi Kepagawain Daerah (SIMPEG);
c. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan penilaian kinerja pegawai;
d. menyiapkan pelaksanaan pembuatan Kertu Pegawai Elektronik (KPE);
e. melaksanakan pelayanan dan penyajian data dan informasi kepegawaian;
f. menyiapkan form isian dan menghimpun Laporan Pajak Pribadi Pegawai (LP2P);
g. melaksanakan tugas-tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pembinaan Pegawai sesuai dengan tugasnya.
BUPATI NGANJUK
ttd
TAUFIQURRAHMAN